India Pilih Pesawat Tempur Lokal Daripada Impor Untuk Kapal Induk

Program TEDBF (Twin Engine Deck Based Fighter) akan segera dipilih sebagai prioritas Angkatan Laut India dan segera akan membatalkan rencana pengadaan 37 unit jet tempur berbasis Kapal Induk daripada harus mengimpor pesawat buatan negara lain. Saat ini Angkatan Laut Inia hampir menyelesaikan spesifikasi desain akhir dengan pesawat TEDBF Generasi ke 4+.

Jika sesuai rencana pesawat tempur yang dikembangkan ini akan mulai beroprasi pada 2035 mendatang dan menggantikan seluruh pesawat MiG-29K Rusia, pada 2020 lalu sendiri Pemerintah India memberikan dana sebesar ₹13 Miliar (Rp2,52 Triliun) untuk memulai proyek TEDBF.

Kedepannya Angkatan Laut India setidaknya akan mengakuisisi 100 unit pesawat tempur TEDBF di masa depan untuk mengisi tiga kapal induk India nantinya.

Dalam airshow Aero India 2021, disebutkan bahwa peluncuran prototipe pertama akan dilakukan di tahun 2025 mendatang dan mulai di produksi pada 2029-30. DRDO India mengkonfirmasi bahwa prototipe TEDBF akan memakai mesin F414-GE-INS6 Amerika Serikat, tetapi saat memasuki tahap produksi dikatakan akan memakai mesin Rolls-Royce buatan Inggris.

Baca Juga:  Ini Lokasi Sebaran Armada Kapal Perang Amerika Di Seluruh Dunia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan