India Selesaikan Produksi Pesawat Su-30MKI Tahap 4

Perusahaan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) India (PTDI-nya India) telah mengumumkan bahwa salah satu Divisi Nashikya telah menyelesaikan produksi 140 jet Su-30MKI dari raw material stage atau tahap empat.

Pesawat tempur bermesin ganda Su-30MKI merupakan hasil kerjasama antara Sukhoi dan HAL untuk Angkatan Udara India, yang dimana produksi lisensi pesawat tersebut dilakukan sebanyak empat tahap, dan bahan mentahnya sendiri didatangkan dari Rusia.

Disebutkan HAL Divisi Nashikya saat ini telah memproduksi ribuan komponen yang di peruntukan integrasi kedalam Su-30MKI, selain itu HAL juga memproduksi mesin AL31FP untuk Su-30MKI yang bahan mentahnya di datangkan oleh Sukhoi. Ini juga sebagai momen menandainya sudah selesainya produksi Su-30MKI sebanyak total 272 unit untuk Angkatan Udara India.

Pesawat ini dibuat khusus untuk spesifikasi India dan mengintegrasikan sistem India dan avionik serta subsistem Prancis dan Israel. Ia memiliki kemampuan mirip dengan Sukhoi Su-35 dengan banyak fitur dan komponen.

Pengembangan varian mulai setelah India menandatangani kesepakatan dengan Rusia pada tahun 2000 untuk memproduksi 140 Su-30 jet tempur. Pesawat Su-30MKI buatan Rusia pertama diterima ke dalam Angkatan Udara India pada tahun 2002, sedangkan Su-30MKI pertama dirakit masuk layanan dengan IAF pada tahun 2004. 

Baca Juga:  Nyusul Rusia, Amerika Buka Bengkel Alutsista di Thailand

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan