India Sukses Uji Tembak Rudal QRSAM Buatan Sendiri

Menurut informasi yang diterbitkan oleh surat kabar India, India telah menguji tembak rudal Quick Reaction Surface-to-Air Missile (QRSAM) buatan lokal yang dirancang dan dikembangkan oleh DRDO (Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan) India.

Uji tembak kedua dalam seri dilakukan pada 17 November 202 sekitar pukul 15:42 dari Integrated Test Range Chandipur, di lepas pantai Odisha. Tes dilakukan terhadap Target Udara Tak Berawak Jet berkinerja tinggi Banshee, yang mensimulasikan sebuah pesawat terbang.

Uji tembak dilakukan dalam konfigurasi sistem senjata yang terdiri dari Peluncur, Sistem Komando dan Pengendalian Otomatis, Sistem Pengawasan, dan Radar Multi-Fungsi. Sistem senjata QRSAM, yang dapat beroperasi saat sedang berjalan, terdiri dari semua subsistem yang dikembangkan secara lokal. Semua tujuan pengujian dinyatakan telah terpenuhi seluruhnya. Pengujian tersebut dilakukan di hadapan pengguna dari Angkatan Darat India.

Tes pertama dalam seri QRSAM berlangsung pada 13 November 2020 dinyatakan mencapai berhasil mencapai tujuan perkenaan langsung. Tes kedua berhasil membuktikan parameter kinerja hulu ledak.

Quick Reaction Surface-to-Air Missile (QRSAM) dan eXtended Range Surface-to-Air Missile (XRSAM) adalah sistem pertahanan udara yang dikembangkan oleh Defense Research and Development Organization (DRDO) India bekerja sama dengan Bharat Electronics Limited dan Bharat Dynamics Limited untuk AD India.

Rudal QRSAM adalah rudal permukaan-ke-udara segala cuaca, segala medan yang dilengkapi dengan electronic countermeasure (ECM) terhadap jamming radar yang dilakukan oleh pesawat musuh. Rudal tersebut dapat dipasang di truk dan disimpan di dalam tabung. QRSAM menggunakan propelan berbahan bakar padat satu tahap dan memiliki jangkauan 30 km.

Baca Juga:  Erdogan Cabut Larangan Jilbab di Kalangan Militer dan Polisi Turki

Rudal tersebut dilengkapi dengan sistem navigasi inersia untuk penerbangan midcourse dengan datalink dua arah dan seeker aktif untuk tahap penerbangan akhir yang dikembangkan DRDO. Sistem rudal memiliki kemampuan untuk mencari dan melacak sasaran saat kendaraan kendaraan tersebut sedang bergerak.

Sumber : armyrecognition.com/FP TSM Angga

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan