India Sukses Uji Terbang Varian Terbaru Pesawat Tempur HAL Tejas MkA1

India telah melakukan uji coba penerbangan varian Mk 1A dari pesawat tempur ringan (LCA) Tejas yang dikembangkan di dalam negeri.

Pabrikan,Hindustan Aeronautics Limited (HAL), mengkonfirmasi bahwa Mk 1A pertama memasuki pengujian penerbangan pada bulan April. Berbicara kepada Janes, sumber HAL mengatakan bahwa pesawat yang sedang diuji terbang adalah SP25, pesawat blok Final Operational Clearance (FOC) yang diproduksi oleh HAL pada tahun 2020.

“Pesawat ini telah dimodifikasi dengan standar Mk 1A dan akan berfungsi sebagai platform uji untuk jalur produksi Mk 1A,” kata sumber HAL.

Uji coba penerbangan tersebut belum dipublikasikan karena HAL mengatakan penerbangan tersebut merupakan bagian dari kegiatan produksi. “Kami diarahkan untuk memastikan bahwa pesawat dikirim ke Angkatan Udara India (IAF) tepat waktu dan sesuai jadwal pada tahun 2024,” kata sumber HAL.

Tejas Mk II sendiri memiliki biaya sebesar $41 Juta per unitnya (Rp593,7 Miliar), dan di akhir 2021 mendatang pihak RMAF akan mengakses jalur produksi Tejas di Bengaluru, India.

Baca Juga:  Pesawat Tempur AU Taiwan Latihan Terbang dan Mendarat di Jalan Raya

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan