India Tambah 6 Helikopter Serang Apache, Total 28 Unit Untuk Angkatan Darat

Pemerintah India akan menggunakan opsi untuk membeli helikopter serang AH-64E tambahan dari Amerika Serikat.

Kesepakatan untuk enam helikopter serang AH-64E Apache untuk Angkatan Darat India, diperkirakan menelan biaya sekitar $ 930 juta, kemungkinan akan ditandatangani awal tahun depan, kata sumber-sumber Angkatan Darat India pada hari Jumat (20/12). Helikopter ini merupakan tambahan dari 22 unit helikopter yang sama yang akan dioperasikan oleh Angkatan Udara India.

“Pembicaraan sekarang dalam tahap lanjut dan file sekarang berada ditangan Komite Kabinet Keamanan [CCS]. Kami berharap kesepakatan itu akan ditandatangani awal tahun depan,” kata narasumber Angkatan Darat India. Helikopter akan mulai masuk kedinasan pada tahun 2022, narasumber itu menambahkan. Angkatan Darat India juga akan segera mulai menerima Light Combat Helicopter (LCH) buatan dalam negeri bersama dengan AU India.

India, negara ke-16 yang memilih Apache, menerima varian paling canggih, AH-64E, yang juga digunakan oleh Angkatan Darat AS. Pada tahun 2020, AU India akan mengoperasikan armada 22 Apache. Pesanan untuk produksi, pelatihan, dan dukungan helikopter-helikopter ini diselesaikan oleh Kementerian Pertahanan India pada tahun 2015.

AH-64E untuk Angkatan Udara India telah menyelesaikan penerbangan perdana pada Juli 2018. Angkatan pertama awak helikopter Angkatan Udara India memulai pelatihan mereka untuk menerbangkan Apache di AS pada 2018.

AH-64E adalah helikopter multi-misi canggih yang dilengkapi teknologi terbaru, mempertahankan posisinya sebagai helikopter serang terbaik di dunia. Apache juga memiliki kokpit digital yang terintegrasi penuh yang meningkatkan kinerja misi pesawat. Helikopter ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan pengintaian, pengamanan, operasi pemeliharaan perdamaian, dan serang di berbagai lingkungan – tanpa perlu dikonfigurasi ulang.

Baca Juga:  2 Pesawat Su-35 Rusia Permalukan 4 Jet Tempur F/A-18 AS dan 4 Jet F-15 Jepang

AH-64E helikopter serang Apache dibeli India untuk menggantikan armada Mi-35. Bersamaan dengan kemampuan menembakkan rudal anti-tank fire and forget, rudal udara ke udara, roket, dan amunisi lainnya, ia juga memiliki kemampuan peperangan elektronik modern untuk memberikan fleksibilitas kepada helikopter dalam peperangan yang network centric.

Sumber : defence-blog.com, TSM Angga

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan