Indonesia Pilih Desain Kapal FREMM Italia Untuk Program Kapal Freegat TNI AL

Jakarta telah memilih desain kelas Bergamini (FREMM) untuk program pengadaan kapal lanjutan bagi dua frigat berpeluru kendali kelas Martadinata (SIGMA 10514) milik Angkatan Laut Indonesia (TNI AL).

Seleksi juga dikonfirmasi pada 10 Juni oleh pembuat kapal Italia Fincantieri, yang mengungkapkan bahwa perusahaan akan memasok enam frigat FREMM baru kepada TNI AL.

Indonesia juga telah memilih untuk membeli dua frigat kelas Maestrale bekas pakai Angkatan Laut Italia dari pemerintah Italia, tambah perusahaan itu.

Seperti dilansir Janes pada Maret 2021, Kementerian Pertahanan Indonesia (Kemenhan) telah memilih empat opsi desain untuk program frigat lanjutan.

Selain FREMM, desain pilihan lainnya adalah varian yang disempurnakan dari desain SIGMA 10514 dari perusahaan Belanda Damen, kelas 30FFM dari pembuat kapal Jepang Mitsui, dan konsep Arrowhead 140 dari konsorsium yang dipimpin oleh Babcock.

Fincantieri menggambarkan pemilihan desain FREMM oleh Indonesia sebagai salah satu yang akan memberikan manfaat untuk kerja sama yang signifikan bagi beberapa perusahaan Italia, termasuk Leonardo.

“Akuisisi dengan urutan sebesar ini memungkinkan Fincantieri untuk juga mengambil alih kepemimpinan global di sektor kapal permukaan, dan merupakan konfirmasi kepemimpinan teknologi dari sebuah proyek yang sekali lagi dianggap paling inovatif di pasar,” kata Giuseppe Bono, CEO Fincantieri, dalam pernyataan 10 Juni kemarin.

Fincantieri juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan pembuat kapal milik negara PT PAL Indonesia untuk proyek tersebut, meskipun perusahaan Italia akan berperan sebagai kontraktor utama.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan