Inggris Berambisi Untuk Menjadi Angkatan Laut Terkuat di Dunia Lagi

Inggris pernah menjadi negara paling kuat Angkatan Lautnya di Dunia. Kekuatan itu mulai meredup setelah Amerika Serikat berhasil merdeka dari Inggris.

Sekarang kerajaan Ratu Elizabeth II itu berambisi lagi membangun armada perang lautnya.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah mengumumkan bahwa akan melakukan investasi terbesar sejak Perang Dingin, dikatakan Royal Navy akan mendapatkan dana suntikan sebesar £16,5 Miliar (Rp311 Triliun) selama 4 tahun kedepan.

Kementrian Pertahanan Inggris juga menyebutkan bahwa anggaran pertahanan Inggris Raya akan segera naik sebanyak 0,5% PDB atau sekitar £24,1 Miliar (Rp451,3 Triliun) pada tahun tahun berikutnya, uang tersebut akan digunakan untuk modernisasi Angkatan Bersenjata Inggris, sambil memperkuat peran Inggris sebagai pemimpin di NATO.

Anggaran pertahanan Inggris untuk tahun 2020 ini saja telah mencapai $69 Miliar (Rp979,62 Triliun), menjadikan Inggris sebagai negara dengan anggaran militer terbesar ke empat di dunia, mengalahkan Rusia dan Prancis di urutan lima dan enam.

Untuk AL mendapat porsi anggaran £16,5 Miliar yang akan digunakan untuk biaya pembuatan kapal dan biaya ekspansi AL untuk menciptakan armada permukaan kapal perang modern terbesar di Eropa.

Jika sesuai rencana, Royal Navy akan membangun 8 unit frigat Type 26 dan 5 unit Type 31, mereka akan membangun kapal frigat Next Generation yang di gadang gadang akan menjadi pengawal kapal induk.

Baca Juga:  Menlu Retno Marsudi Tawarkan Sentul Jadi Pusat Pelatihan Misi PBB

Perdana Menteri Inggris juga mengkonfirmasi rencana untuk mengirimkan Kapal Induk HMS Queen Elizabeth ke Samudra Hindia dan Asia Timur tahun depan, sebagai bagian dari penyebaran operasional jarak jauh pertamanya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan