Ini Alasan Amerika Serikat Ogah Bikin Parade Militer

Sebagai negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia, Amerika Serikat justru tidak pernah menggelar parade militer besar-besaran seperti para musuhnya.
Sebenarnya sih di Amerika Serikat sendiri tiap tahun sering diadakan parade militer, namun hanya dalam skala kecil dan meluas, maksudnya?

Padahal kita tahu, Rusia, China, Korea Utara selalu bikin acara parade militer sebagai “show off” kekuatan.

Parade militer di Amerika Serikat juga terjadi di event event beragam seperti Veteran Day, Memorial Day, peresmian Presiden atau meninggalnya Presiden, namun hal diatas hanya dalam skala kecil dan menengah, tidak seperti Prancis, Rusia, Tiongkok atau Korut.

Lalu pertanyaan sekarang, kenapa Amerika Serikat tidak melakukan parade skala besar?

Kembali ke tujuan awal diselenggarakan parade militer itu untuk apa? Yep, mengutip komentar Keith Shannon sebagai warga Amerika Serikat web quora, “Militer kami tidak perlu terlihat tangguh dengan memamerkan persenjataan di depan pintu kami, tetapi kami harus terlihat tangguh dengan memamerkan persenjataan kami di depan pintu musuh”.

Lalu, komentar David J Gill sebagai warga California, “Untuk apa? Kami telah melihat ketangguhan militer Amerika di TV, internet, dalam acara Superbowl, parade besar itu mahal dan itu dari pajak kami untuk sesuatu yang tidak perlu”.

Komentar lebih keras dilayangkan Alexander Nerad sebagai seorang guru di Amerika Serikat, “Parade militer itu konyol, tentara kami dilatih untuk bertempur bukan untuk pawai mewah, kami tidak perlu mereka berbaris serempak di jalan raya ketika mereka bisa berjalan jauh di medan tempur”. Meski militer Amerika Serikat terkesan tidak pernah melakukan pawai militer skala besar, faktanya negara ini merupakan pemecah rekor parade militer terbesar sepanjang sejarah, kapan itu?

Baca Juga:  6 Negara Yang Tidak Memiliki Tentara Militer

Terjadi pada 23-24 Mei 1865 ketika pasukan Union Army berhasil menang melawan Konfederasi dalam Civil War Amerika Serikat, dalam parade ini sebanyak 65.000 tentara ikut dalam pawai dan membutuhkan 6 Jam lamanya rombongan tentara berbaris memyelesaikan pawainya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan