Ini Alasan Bakamla Tahan Kapal Tanker Iran dan Panama

Bakamla RI (Indonesian Coast Guard) pada tanggal 24/01/2021 telah mengamankan dua kapal tanker di perairan Pontianak. Kedua kapal adalah MT Horse, kapal berbendera Iran dan MT Frea kapal berbendera Panama.

Pengamanan dilakukan oleh KN Marore-322 yang sedang berpatroli sebagai bagian dari Operasi Keamanan dan Keselamatan Laut Dalam Negeri “Trisula-I/21. Kedua kapal terdeteksi radar pada pukul 05.30 WIB di posisi 00° 02′ U – 107° 37′ T, dalam jarak 17 nm dan arah 260 dari Marore. Marore mendekat dengan kecepatan 16 knot dan mendapatkan kontak visual pada pukul 06.00 WIB.

Kedua kapal terlihat sedang melakukan ship-to-ship, dicurigai melaksanakan transfer BBM illegal. AIS kedua kapal dimatikan dan nama lambung kapal juga terlihat ditutupi dengan kain. Marore mencoba kontak radio di channel 16 namun tidak ada respon dari kedua kapal.

MT Horse dan MT Frea diduga melakukan pelanggaran hak lintas transit ALKI 1 dengan keluar dari batas 25 nm, membuang jangkar di luar ALKI, melakukan ship-to-ship transfer BBM illegal mematikan AIS dan tidak mengibarkan bendera. MT Frea juga dikabarkan melakukan pembuangan minyak. Kedua kapal tanker tersebut kemudian dikawal ke Batam untuk investigasi.

Sumber: Bakamla/FP Lighting II Chan

Baca Juga:  Upgrade 10 Jet Tempur F-16A/B Ditargetkan Selesai Pada 2024

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan