Ini Penyebab Sukhoi Su-30 India Lebih Mahal Daripada Su-30 Buatan Rusia atau China

Dilansir oleh Eurasia Times, pesawat tempur Su-30MKI milik AU India yang diproduksi oleh Hindustan Airlines (HAL) India lewat lisensi resmi, harganya jauh lebih mahal daripada Su -30 buatan Rusia atau Su-30MKK yang versi China.

Biaya produksi HAL untuk memproduksi satu pesawat Su-30MKI berbiaya $62 Juta (Rp912,1 Miliar), sementara Su-30MKK yang diproduksi Rusia untuk Tiongkok hanya sekitar $40 Juta (Rp588,5 Miliar).

Pemerintah India mengklaim bahwa lebih tingginya harga Su-30MKI dibandingkan dengan Su-30MKK Tiongkok disebabkan oleh faktor faktor seperti perbedaan spesifikasi, skala produksi yang kecil dan India harus membayar biaya lisensi transfer teknologi.

Kementerian Pertahanan India mengatakan bahwa pesawat tempur Su-30MKI yang diproduksi di India memiliki beberapa modifikasi untuk meningkatkan kinerja tempur, untuk memenuhi persyaratan Angkatan Darat India.

India juga dibebani pembayaran biaya lisensi kepada Rusia. Namun meski mahal, Pembuatan sendiri di dalam negeri akan mengurangi biaya produksi jet tempur, mengurangi ketergantungan pada produsen peralatan asing dan mempersingkat waktu pengiriman, yang sangat mendukung pengembangan pesawat tempur buatan India sendiri HAL Tejas.

Baca Juga:  Swedia Borong Rudal Patriot Amerika Senilai 1 Milyar Dollar

1 Komentar

  1. Spt nya ga banyak berpengaruh ini. Buktinya si tejas masih banyak masalah. Ketimbang dibilang pespur, lbh cocok jadi pesawat latih =D

Tinggalkan Balasan