Insinyur Nuklir Amerika Dan Istrinya Ditangkap Karena Jual Data Sensitif Pada Negara Lain

FBI dan Naval Criminal Investigative Service (NCIS) menangkap sepasang suami istri Jonathan dan Diana Toebe di Jefferson County, West Virginia pada Sabtu 9 Oktober 2021.

Pasangan suami istri tersebut dituduh telah menjual data rahasia mengenai desain kapal perang bertenaga nuklir kepada seseorang yang mereka yakini sebagai perwakilan asing selama hampir satu tahun lebih. Pada kenyataannya orang tersebut adalah seorang agen FBI yang menyamar. Pasutri tersebut telah didakwa dalam tuntutan pidana dengan tuduhan pelanggaran Undang-Undang Energi Atom.

Jonathan Toebbe adalah seorang pegawai Departemen Angkatan Laut AS yang bekerja sebagai Insinyur Nuklir, ia ditempatkan di program Propulsi Nuklir Angkatan Laut, yang dikenal juga sebagai Reaktor Nuklir. Toebbe bekerja dengan dan memiliki akses ke informasi mengenai propulsi nuklir angkatan laut termasuk informasi yang berkaitan dengan elemen desain sensitif militer, parameter operasi, dan karakteristik kinerja reaktor untuk kapal perang bertenaga nuklir.

Surat pernyataan pengaduan menuduh bahwa pada tanggal 1 April 2020, Jonathan Toebbe mengirim paket ke pemerintah asing, mencantumkan alamat pengirim di Pittsburgh, Pennsylvania, yang berisi sampel Data Terbatas dan instruksi untuk menjalin hubungan rahasia untuk membeli Data Terbatas tambahan.

Pernyataan tertulis juga menyatakan bahwa, setelah itu, Toebbe mulai berkorespondensi melalui email terenkripsi dengan seseorang yang dia yakini sebagai perwakilan pemerintah asing. Orang itu adalah agen FBI yang menyamar. Jonathan Toebbe melanjutkan korespondensi ini selama beberapa bulan, yang menghasilkan kesepakatan untuk menjual Data Terbatas dengan imbalan ribuan dolar dalam bentuk cryptocurrency.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan