Israel Tambah Satu Skuadron F-35i Menjadi Yang Terkuat di Timur Tengah

Pesawat tempur tempur siluman F-35i Aldir benar-benar jadi tulang punggung Angkatan Udara Israel. Satu skuadron baru telah diresmikan terbentuk pada 16 Januari 2020 dijuluki ‘Lion of the South’ yang diresmikan di Pangkalan Udara Nevatim di Israel. Secara total AU Israel punya 116 Skuadron Pesawat.

Hadirnya F-35 bikin AU Israel paling kuat di Timur Tengah. Negara-negara tetangga mereka masih bergantung pada pesawat 3,5G.

Rencananya, militer Israel akan memiliki 20 unit jet tempur F-35i pada 2020 ini dan akan menjadi 50 unit pada 2024.

F-35 dan F-35i adalah jet tempur generasi kelima yang dioperasikan AU Israel. Lockheed Martin mendesain jet tempur ini dengan kemampuan radar yang memungkinkan pesawat itu terbang rendah dengan kecepatan tinggi bak siluman.

Kemampuan itu juga bisa membuatnya mampu menghindari sistem pertahanan rudal canggih seperti S-300 dan S-400 seperti yang dimiliki negara tetangga, Suriah. Radarnya, AESA AN/ APG-81, juga diklaim mampu mengidentifikasi dan mencegat ancaman udara yang terbang di ketinggian rendah dengan kecepatan tinggi.

Kelebihan membawa serta kelemahan. Meski F-35 dipandang jet tempur paling maju saat ini, kemampuannya menjadi siluman membatasinya mengangkut persenjataan. Kemampuan yang satu ini harus dibatasi jika jet ingin tetap terbang rendah dengan gesit.

Baca Juga:  Korea Selatan Lebih Takut Pasukan Paralayang Korea Utara

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan