Jerman Serahkan Kapal Selam 209/1400 Ketiga Kepada Mesir

Mesir pada hari Jumat menerima kapal selam Tipe 209/1400 ketiga dari Jerman. Secara resmi kapal tersebut akan menyandang nama kapal selam S43 di AL Mesir.

S43, ketiga dari empat kapal selam keseluruhan yang sedang dikirim oleh ThyssenKrupp Marine Systems sekarang akan diuji sebelum pengiriman ke angkatan laut Mesir. Program ini direncanakan berakhir dengan penyerahan kapal selam keempat pada tahun 2021.

Serah terima berlangsung di Kiel, Jerman tanpa dilakukan upacara karena peraturan tindakan pencegahan Corona yang sangat ketat di galangan kapal tersebut, dan hanya dihadiri oleh orang-orang sekitar manajer proyek.

Vice Admiral Ahmed Khaled Hassan Said, Panglima Angkatan Laut Mesir, memuji kualitas tinggi kapal selam tersebut dan kinerja luar biasa dari karyawan thyssenkrupp Marine Systems. Dia mengucapkan terima kasih kepada mereka semua untuk memastikan pengiriman yang tepat waktu. Dia menambahkan bahwa ini membuktikan seberapa kuat dan saling percaya kedua pihak bekerja sama bahkan dalam masa-masa sulit.

Kapal selam Type 209/1400 ini memiliki delapan tabung torpedo 21-inci (533 mm) dan mampu membawa dan meluncurkan hingga 14 rudal dan torpedo, di samping juga mengerahkan ranjau laut. Kapal selam tersebut akan dilengkapi dengan torpedo SeaHake mod 4 dan rudal anti-kapal UGM-84L Harpoon Block II.

Kapal selam Type 209 milik Mesir berukuran panjang sekitar 62 meter, bobot 1.450 ton, dan memiliki diameter lambung 6,2 meter. Kapal seri 209/1400 ini adalah versi terbaru dari kapal selam kelas 209 yang legendaris.

Baca Juga:  Brazil Lelang Bekas Kapal Induknya.

Kapal Selam ini telah diproduksi sebanyak 63 kapal selam dan digunakan oleh 14 angkatan laut dari berbagai negara.

Seperti semua pendahulunya, Kelas 209 / 1400mod adalah kapal selam yang ringkas dan andal yang menampilkan teknologi terkini, kekuatan tempur tinggi, daya baterai luar biasa, dan jejaknya yang rendah. Profil misinya yang komprehensif mencakup tugas pengawasan dan pengumpulan intelijen. Kapal Selam ini sangat cocok untuk misi operasi Pasukan Khusus.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan