Jin Type 094 Kapal Selam Nuklir Milik China Yang Ditakuti AS

China punya Kapal selam bertenaga nuklir Type 094 Kelas Jin yang mampu membawa rudal balistik antar benua yang mampu mencapai target pada jarak 10.000 kilometer. Kapal selam nuklir ini dipamerkan minggu lalu pada perayaan yang menandai ulang tahun ke-72 Angkatan Laut China.

Kapal selam bertenaga nuklir China Type 094A merupakan versi upgrade dari Type 094 yang mengatasi salah satu masalah utama kebisingan dengan meningkatkan sistem hidrokinetik dan turbulen. Mengutip South China Morning Post kapal selam ini dipersenjatai dengan rudal balistik JL-3 atau Julang.

Kapal selam bertenaga nuklir China Type 094A kini mampu menembakkan JL-2 hingga mencakup seluruh benua Amerika. Sebelumnya kapal selam ini hanya mampu menembakkan JL-2 mencapai timur laut Amerika Serikat.

Ahli militer China menyebut, rudal balistik antarbenua JL-3 disiapkan China untuk membalas kemungkinan serangan nuklir yang dilakukan oleh AS. Menurut Forbes yang dikutip oleh SCMP, sebelum memasuki jarak serangan di daratan AS, kapal selam Tipe 094A harus melewati barisan pangkalan militer AS di Pasifik.

Hingga kini China memilik enam kapal selam bertenaga nuklir Type 094 dan Type 094A, dengan masing-masing mampu membawa 16 rudal balistik JL-3 atau Julang.

Baca Juga:  Amerika Ingin Kirim Kapal Perang USS Zumwalt Untuk Menekan Kim Jong Un

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan