Joe Biden Ingin Amerika Pensiun Jadi Polisi Dunia

Setelah menarik semua pasukan militer dari Afghanistan, Presiden Joe Biden juga diyakink para pakar ingin agar Amerika Serikat pensiun juga jadi Polisi Dunia.

Hal itu diuangkapkan oleh seorang dosen di Universitas Hukum Marquette, Charles Franklin, setelah melihat Biden menyampaikan pidato mengenai penarikan pasukan itu. Dalam pidato, mengatakan bahwa “Amerika telah kembali.”

“Keputusan tentang Afghanistan ini bukan hanya tentang Afghanistan,” ujar Biden.

“Hak asasi manusia akan menjadi pusat kebijakan luar negeri kami, tetapi cara untuk melakukannya bukanlah melalui pengerahan militer tanpa akhir. Strategi kami harus berubah,” ujar Biden.

Charles Franklin menganggap arah kebijakan Biden untuk berhenti menjadikan AS sebagai “polisi dunia” ini sebenarnya mirip dengan Trump yang memang ingin fokus ke dalam negeri.

Aksi menjadi Polisi Dunia telah menguras banyak dana AS dan nyawa para tentaranya. Ambil contoh biaya perang di Afghanistan.
Biaya operasional pasukan AS di Korea Selatan yang demi untuk melindungi Korsel tapi biayanya lebih banyak ditanggung AS daripada Korsel.

Selain itu saat ini publik AS memang tidak lagi memiliki minat untuk peran internasional yang besar, salah satu sebabnya karena mereka sudah tidak punya pesaing lagi seperti Uni Soviet.

Baca Juga:  Azerbaijan Akusisi Sistem Pertahanan Udara Iron Dome Israel

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan