Kabar Buruk Buat Airbus, Jerman Berencana Ganti Helikopter Tiger Dengan Apache

Berita mengejutkan datang dari Jerman, salah negara pelanggan Airbus itu sedang berencana untuk memensiunkan armada helikopter serang Tiger dan digntikan dengan Helikopter Apache buatan Boeing. Boeing sendiri adalah rival abadi Airbus.

Secara resmi Jerman sendiri telah menyatakan minatnya terhadap helikopter Apache dan meminta informasi tentang helikopter model ini kepada Boeing.

“Sesaat sebelum dimulainya pandemi, Pemerintah Jerman meminta informasi terkait Apache dari Pemerintah Amerika Serikat. Mereka telah menanggapi permintaan tersebut,” kata Michael Hosteter, Wakil Presiden pertahanan, luar angkasa, dan keamanan Boeing.

Namun, Michael Hoster tidak merinci kemungkinan jumlah helikopter yang dapat dipesan, atau waktu pengiriman.

Komentar Michael Hoster adalah konfirmasi resmi pertama bahwa Jerman tidak dapat terus meningkatkan armada helikopter serang Airbus Tigernya ke Standar 3, seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Perlu juga diketahui bahwa per Januari 2020, AU Jerman Bundeswehr memiliki armada 53 helikopter serang Airbus Tiger. Pada saat yang sama, menurut beberapa data, sebagian besar helikopter Tiger ini tidak siap tempur. Selain Jerman, diketahui beberapa negara Eropa Timur menyatakan minat terhadap helikopter AH-64 Apache Amerika Serikat.

Sejarah Si Tiger.

Eurocopter Tiger adalah helikopter tempur serang yang dibuat Eurocopter. Di Jerman dikenal sebagai the Tiger; di Prancis dan Spanyol helikopter ini disebut the Tigre. Pada awalnya, helikopter serbu Eurocopter Tiger EC-665 dikembangkan dan dibuat untuk Angkatan Darat Jerman dan Angkatan Darat Prancis.

Baca Juga:  Stratom Kembangkan Truk Pengisian Bahan Bakar Tanpa Awak Untuk U.S Army

Tiger EC-665 diproduksi oleh perusahaan Eurocopter yang dibentuk oleh perusahaan-perusahaan dirgantara Eropa yaitu DaimlerChrysler Aerospace (Jerman), Aerospatiale Matra (Prancis) dan CASA (Spanyol).

Sumber: BulgariaNews, Wikipedia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan