Kalahkan Tank Harimau Pindad, Bangladesh Pilih Tank VT-5 Buatan China

Tank ringan VT-5 buatan Norinco China berhasil mengalahkan Tank Medium Harimau buatan PT.Pindad hasil kerjasama Indonesia dan Turki, dalam memperebutkan kontrak dari Angkatan Darat Bangladesh.

AD Bangladesh secara resmi telah mengkonfirmasi memilih untuk membeli tank ringan Norinco VT 5. Ini artinya Bangladesh menjadi pengguna pertama tank ringan China ini.

Menurut AD Bangladesh, VT 5 dipilih karena armour yang lebih superior dan senjata tambahan berupa peluncur granat otomatis yang dioperasikan dari jarak jauh.

Total akan ada 44 unit tank yang bakal dibeli AD Bangladesh untuk menggantikan tank ringan Type 69 yang akan segera dipensiunkan.

Tank VT-5 ini berbobot 36 ton dengan diawaki empat personel. Mesinya berbahan bakar diesel dengan daya 1.000 Hp. Kecepatan maksimum 70 Km/jam serta dapat menjangkau jarak 500 Km sekali isi full tank.

Untuk persenjataan VT 5 dipersenjatai dengan kanon ulir (rifled) kaliber 105 mm yang dilengkapi dengan sistem autoloader. Tank ini dapat menembakan semua jenis amunisi asal China dan standar NATO kaliber 105 mm, walaupun mempunyai kaliber yang lebih kecil dari peluru MBT namun tank ini berani diadu oleh MBT pasalnya VT 5 mampu menembakan peluru penjebol baja Armour Piercing Fin Discarding Sabot (APFDS) berbahan Tungsten yang mampu menembus baja dengan ketebalan 500 mm pada jarak 2 Km.

Untuk jumlah peluru yang dapat dibawa Norinco menyediakan space yang cukup banyak untuk amunisi yaitu 38 peluru yang dimuat di belakang kompartemen komandan. Selain senjata utama VT 5 juga dipersenjatai dengan RCWS kaliber 12,7 mm serta peluncur granat otomatis kaliber 40 mm.

Baca Juga:  40 Pesawat F-35A Pesanan Korea Selatan Akan Dikirim Tahun ini

Fitur lain yang terdapat di VT 5 adalah sistem perlindungan Nubika, pendingin ruangan, peralatan komando dan control, sistem komando taktis sistem navigasi (GPS, INS ataupun Beidou) serta peralatan komunikasi satelit. Sedangkan fitur istimewanya Tank ini dapat diangkut oleh pesawat kargo dan juga dapat diluncurkan dengan menggunakan parasut (Airdrop/paradrop) sehingga tank ini cocok digunakan oleh pasukan Linud untuk menambah daya pukul

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan