Kali Pertama, Pesawat Bomber AS B-1B Lancer Duet Dengan Pesawat Tempur Ukraina

Courtesy photo by Ukrainian Air Force

Pada hari Jumat 29/05/2020, Angkatan Udara A.S. telah mengumumkan bahwa pesawat pembom B-1B Lancer dari Pangkalan Angkatan Udara Ellsworth, South Dakota, melakukan misi Bomber Task Forcer strategis jangka panjang di seluruh Eropa dan wilayah Laut Hitam.

Courtesy photo by Ukrainian Air Force

Dalam misi tersebut, 2 pesawat B1B Lancer dikawal pesawat Su-27 Flankers dan MiG-29 Fulcrum dari Ukraina selama latihan bersama.

“Misi Bomber Task Force ke Eropa menunjukkan komitmen kepada sekutu dan mitra kami sambil memberikan pesan pencegahan yang jelas kepada musuh,” kata Jenderal Jeff Harrigian, komandan Angkatan Udara AS di Eropa dan komandan Angkatan Udara Afrika. “Integrasi kehadiran pengebom strategis kami di Eropa membuktikan bahwa AS, bersama sekutu atau mitra, siap untuk mencegah, dan jika perlu, dapat menggunakan kemampuan ini bersama-sama.”

Penerbangan ini juga mencakup pelatihan integrasi dan interoperabilitas dengan F-16 dan MiG-29 Polandia serta F-16 dan MiG-21 milik Rumania, yang menyediakan pengawalan dan patroli tempur di wilayah Laut Hitam.

Misi jadi semacam peringatan keras ke Rusia, bahwa mereka benar-benar tidak punya sekutu di tanah Eropa.

Baca Juga:  Pesawat Intai Elektronik Kawasaki RC-2 Mulai Berdinas di AU Jepang

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan