Kanada Pilih Rudal MBDA Sea Ceptor Untuk Pertahanan Kapal

Menurut siaran pers yang diterbitkan oleh MBDA pada 19 April 2021, MBDA telah mendapatkan kontrak dari Lockheed Martin Kanada untuk melengkapi Canadian Surface Combatant (CSC) baru Royal Canadian Navy dengan sistem senjata pertahanan udara Sea Ceptor.

Memanfaatkan Common Anti-air Modular Missile (CAMM) sebagai efektornya, Sea Ceptor akan melakukan peran Close-In Air Defense System (CIADS) di atas fregat CSC Kanada terbaru.

Sea Ceptor akan diintegrasikan dengan Combat Management System 330 (CMS 330) milik Lockheed Martin Kanada dan akan diluncurkan dari keluarga sistem peluncur vertikal (VLS) Mk41.

Sea Ceptor merupakan rudal pertahanan udara Next Generation berbasis kapal yang mampu beroprasi pada segala cuaca, Sea Ceptor memberikan perlindungan lengkap terhadap kapal dari semua target udara yang diketahui dan diproyeksikan. Spesifikasi Sea Ceptor sendiri seperti :

Bobot : 99kg
Panjang : 3,2m
Jarak Jangkauan : 25km
Kecepatan : Supersonik

Canadian Surface Combatant (CSC) merupakan program frigat kombatan permukaan Kanada yang akan menggantikan seluruh armada kapal kelas Iroqouis dan Halifax, sebanyak 15 unit kapal CSC akan dibangun dengan bobot 8.800 ton. Dimana, CSC mengambil desain dari Type 26 frigat milik Inggris dengan estimasi biaya sekitar CA$4,65 Miliar per unit (Rp53,9 Triliun).

Baca Juga:  Kodim 0826 Pamekasan Minim Perlengkapan Alutsista

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan