Kapal Destroyer Siluman USS Zumwalt Sukses Lewati Tes Di Perairan Ganas

Kapal perang siluman USS Zumwalt (DDG 1000) melakukan uji coba di perairan ganas, dimana kapal perang ini berhasil menghadapi angin kencang, gelombang, dan kondisi intens lainnya. Kapal perang siluman USS Zumwal (DDG 1000) berhasil menghadapi dua badai dengan tinggi gelombang hingga enam meter.

Destroyer siluman USS Zumwalt AL AS ini memilik panjang 182,9 meter dipersenjatai dengan 80 peluncuran vertikal rudal Tomahawk, RIM-162 Evolved Sea Sparrow Missile (ESSM), 20 × MK 57 VLS modules, Vertical Launch Anti-Submarine Missile (ASROC), 2 × 155 mm (6 in)/62 caliber Advanced Gun System. Dll. Kapal perang siluman seberat 15.955 ton itu sebelumnya diragukan mampu bertahan dalam kondisi esktrem.

USS Zumwalt (DDG 1000) adalah kapal perang jenis destroyer pertama di kelasnya yang dibangun dengan konsep siluman yang memiliki lambung trapesium, tinggi, dan banyak permukaan datar.

USS Zumwalt (DDG 1000) merupakan kapal perang kelas satu dalam jajaran Angkatan Laut AS (US Navy) yang dibangun dengan konsep siluman yang memiliki radar signature dan bila tertangkap radar seperti kapal nelayan kecil.

Angkatan Laut AS memotong jumlah anggaran pembuatan USS Zumwalt Class dari rencana pengadaan 32 unit menjadi hanya 3 unit saja karena mengalami pembengkakan biaya pembuatannya. USS Zumwalts dirancang juga untuk memberikan dukungan tembakan jarak jauh dengan meriamnya yang kuat.

Sumber: FP TSM Dona Selvia Paruntu

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan