Kapal Induknya Diintai Kapal Selam China, Inggris Sesumbar Armadanya Tak Akan Kalah Lawan China

Rombongan Kapal Induk milik AL Inggris, HMS Queen Elizabeth yang sedang berlayar dari Laut China Selatan (LCS) ke Samudera Pasifik, dilaporkan dikuntit kapal selam nuklir milik China.

Mengutip media Inggris Express, kapal selam nuklir milik China dari kelas Shang dengan bobot 7 ribu ton itu terlacak oleh operator sonar anti-kapal selam di atas fregat yang melindungi Kelompok Tempur Kapal Induk (CSG) HMS Queen Elizabeth dalam rombongan.

Namun Inggris sesumbar, walaupun China punya kemajuan teknologi yang pesat, tidak akan mampu mengimbangi Amerika dan Inggris yang punya pengalaman perang yang panjang.

“China mengembangkan kapal selamnya dengan cepat, dan kita tidak boleh meremehkan mereka, tetapi mereka tidak memiliki pengalaman tempur yang dikembangkan oleh skuadron kapal selam AS dan Inggris sebagai hasil dari operasi Perang Dingin di ruang gelap Atlantik yang dalam,” kata sumber angkatan laut Inggris pada Minggu (8/8/2021) malam.

Di laut, Inggris masih menjadi ahlinya perang laut. Selain punya pengalaman panjang perang dingin dengan Uni Soviet, Perang Malvinas dengan Argentina dan Perang Dunia II. Negara itu juga punya peta arus bawah laut yang lebih komplet dari China, sehingga kapal perang permukaan maupun bawah lautnya lebih paham medan.

Baca Juga:  Su-57 Kembali Lancarkan Serangan Ke Markas Pemberontak Suriah

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan