Kapal Intai Tanpa Awak Korsel, Haegum-2, Lolos Uji Coba Laut

Penampakan Haegum-2, Kapal intai tanpa awak buatan Korea Selatan. (Lig 1)

Pabrikan senjata LIG Nex1 asal Korea Selatan mengumumkan pada 15 Desember bahwa mereka telah menyelesaikan uji coba laut dari kapal permukaan tak berawak (USV) Haegum-2 (Pedang Laut 2).

Perusahaan mengatakan pekerjaan pengembangan Sea Sword 2 dilakukan di bawah program tiga tahun yang didukung oleh Administrasi Program Akuisisi Pertahanan dan Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi negara itu.

Ia menambahkan bahwa Sea Sword 2 telah melalui uji kelayakan laut di perairan dekat Pulau Namhae di pantai selatan, membuktikan kemampuannya untuk beroperasi tanpa personel pengawas di dalam kondisi normal hingga siaga Sea State 4.

USV telah dirancang untuk melakukan misi pengawasan dan pengintaian bekerja sama dengan platform tak berawak bawah air dan kapal permukaan lainnya. Haegum-2 dilengkapi dengan berbagai teknologi penginderaan dan pemetaan serta sistem peluncuran dan bisa pulang ke pangkalan secara otomatis. Kapal USV ini punya 11 ton dan memiliki panjang keseluruhan 12 m dan balok 3,5 m.

LIG Nex1 menyatakan bahwa Haegum-2 telah dipesan Angkatan Laut Republik Korea.

Baca Juga:  Rusak Misterius, Pesawat F-35A Belanda Mundur Dari Latihan Gabungan NATO

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan