Kapal Korvet Rusia Akan Dipersenjatai Rudal Hipersonik Tsirkon

Presiden Vladimir Putin secara langsung mengumumkan bahwa Kapal Perang Korvet terbaru Angkatan Laut Rusia Gremyashchiy (337) akan dipersenjatai dengan rudal anti-kapal hipersonik 3M22 Tsirkon.

RFS Gremyashchiy adalah kapal pertama Project 20385 kelas Gremyashchiy, korvet terbaru Angkatan Laut Rusia dan diperkirakan akan mulai beroperasi pada Armada Pasifik pada akhir 2019. Kapal ini dilengkapi dengan 8-sel Vertical Launching System (VLS) UKSK yang saat ini membawa rudal jelajah serang darat subsonik Kalibr.

VLS UKSK juga mampu membawa rudal Tsirkon yang canggih, menurut komandan kapal korvet tersebut, Captain 2nd Rank Roman Dovgailov. Roman Dovgailov.

3M22 Tsirkon / 3M22 Zircon (Циркон, nama kode NATO: SS-N-33) adalah rudal jelajah anti-kapal/serang darat berkemampuan manuver hipersonik dengan mesin scramjet yang dikembangkan oleh Rusia.

Rudal ini dikembangkan oleh NPO Mashinostroyeniya sebagai pengembangan lebih lanjut dari konsep HELA (Hypersonic Experimental Flying Vehicle) yang dipamerkan di MAKS Air Show 1995.

Tsirkon diyakini sebagai rudal jelajah bersayap dengan lift-generating center body. Tahap booster dengan mesin berbahan bakar padat mempercepatnya ke kecepatan supersonik, setelah itu motor scramjet pada tahap kedua mempercepatnya ke kecepatan hipersonik.

Tsirkon diklaim memiliki kecepatan terbang maksimum sekitar Mach 9 dan kemampuan jangkauan maksimum lebih dari 1.000 km. Rudal itu dapat mengenai sasaran laut dan darat yang membuatnya menjadi rudal anti-kapal (AShM) serta rudal jelajah serang darat (LACM).

Baca Juga:  Pilot Pesawat Tempur US Navy Pelukis Burung di Udara Dihukum Berat

Project 20385 kelas Gremyashchiy adalah pengembangan lanjutan dari korvet kelas Project 20380 Steregushchiy Angkatan Laut Rusia. Proyek lanjutan ini dirancang oleh Almaz Central Marine Design Bureau di Saint Petersburg dan kapal sedang dibangun di galangan kapal Severnaya Verf di St. Petersburg.

Kapal memiliki panjang 106,0 m, lebar 13 m, draft 5 m dan displacement 2.500 ton.

Kapal dilengkapi dengan meriam 100mm А190 multi-purpose naval gun, satu 8-cell UKSK Vertical Launching System (VLS), dua sistem VLS pertahanan udara Redut 8-sel, dua CIWS AK-630M 30mm, dua tabung torpedo quad 330mm dan dua Senapan Mesin Berat (HMG) MTPU pintle-mount 14,5mm. UKSK VLS dapat membawa 3M-54 Kalibr, P-800 Oniks, RPK-9 Medvedka atau rudal jelajah 3M22 Tsirkon.

Korvet serbaguna itu akan digunakan untuk mendeteksi dan melawan kapal selam dan kapal permukaan musuh, mendukung pendaratan pasukan, melindungi zona pantai dan mengawal kapal lain.

Kapal pertama dalam kelasnya, RFS Gremyashchiy dilakukan peletakkan lunasnya pada tanggal 26 Mei 2011, dan upacara peletakan resmi berlangsung pada tanggal 1 Februari 2012. Kapal ini diluncurkan pada tanggal 30 Juni 2017, dan diharapkan akan ditugaskan kedalam Armada Angkatan Laut Rusia pada akhir tahun ini.

Sumber : defpost.com, TSM Angga Saja

1 Komentar

  1. dengan dimensi yg hampir sama mestinya PKR TNI AL bisa selengkap korvet rusia ini, KRI kita (fregat/korvet) sangat kurang daya gebuk nya dari sisi senjata, bahkan ada yg judul nya KCR (kapal cepat rudal) tapi tdk ada rudal nya atau belum semua nya ber rudal, hanya di bekali meriam

Tinggalkan Balasan