Kapal Perang Amerika Tembak Jatuh Rudal di Ruang Angkasa

Kapal perang Amerika Serikat (AS), USS John Finn (DDG-113), menembak jatuh rudal di ruang angkasa selama uji interseptor yang spektakuler, hari Jumat. Badan Pertahanan Rudal (MDA) Pentagon pada Jumat (26/10/2018) mengatakan uji coba interseptor berlangsung di Kauai, Hawaii.

Uji coba terbaru sistem interseptor dengan menembak jatuh rudal di ruang angkasa itu dinyatakan sukses. Misil yang ditembak jatuh adalah rudal balistik jarak menengah.

Menurut MDA, kru kapal USS John Finn (DDG-113) mengintersepsi target rudal menggunakan misil Standard Missile-3 (SM-3) Blok IIA selama tes di lepas pantai barat Hawaii.

SM-3 AS dirancang untuk menghancurkan setiap rudal balistik yang masuk di ruang angkasa. Menurut perusahaan pertahanan Raytheon, sistem itu memberikan “dampak tipis”, seperti menabrak truk seberat 10 ton dengan kecepatan 600 mph.

Misil target diluncurkan hari Jumat dari Fasilitas Rudal Pasifik di Kauai, Hawaii. Sedangkan kapal perang mendeteksi dan melacak target dengan radar onboard menggunakan sistem Aegis.

“Setelah memperoleh dan melacak target, kapal meluncurkan rudal terpandu (dari) SM-3 Block IIA yang mencegat target,” kata MDA dalam sebuah pernyataan, yang dilansir Fox News, Sabtu (27/10/2018).

Tes sukses pertama dari interseptor tersebut terjadi pada Februari 2017 ketika para pelaut di atas kapal USS John Paul Jones (DDG-53) mengeluarkan rudal menggunakan sistem SM-3 Block IIA. Namun, dua tes berikutnya gagal, termasuk yang terakhir pada akhir Januari 2018.

Baca Juga:  Senapan Bawah Air Untuk Pasukan Khusus Rusia

Tes sukses kedua pada Jumat disambut tepuk tangan oleh Direktur MDA Letnan Jenderal Sam Greaves. “Ini adalah pencapaian luar biasa dan tonggak utama bagi SM-3 Blok IIA kembali ke penerbangan,” katanya, dalam sebuah pernyataan.

“Selamat kepada seluruh tim, termasuk pelaut kami, mitra industri, dan sekutu yang membantu mencapai tonggak ini,” ujarnya.

Sumber: sindonews.com

1 Komentar

Tinggalkan Balasan