Kapal Perang Siluman Singapura Beroperasi 2027, Enggak Ada Lawan di ASEAN

Sebagai negara kecil di ASEAN, Singapura menyadari pentingnya membangun kekuatan militer sebagai daya gentar buat tetangga-tetangganya. Negera itu terus memperbarui alat alat perang tercanggih yang enggak dimiliki para tetangganya.

Enggak hanya beli, Singapura juga udah bisa bikin sendiri alutsista canggih, salah satunya Kapal Perang Siluman yang diberi nama Advanced Multi Role Combat Vessels (MRCV) buatan perusahaan gurita ST Engineering Singapura.

Foto: ST PHOTO: ONG WEE JIN

Diberitakan Straits Times (13/11/2019) menurut KSAL Singapura Lew Chuen Hong Multirole Combat Vessels (MRCV) buatan ST Engineering akan beroperasi secara penuh pada tahun 2027. “kami saat ini bersama ST Engineering sedang menjalani prosedur terperinci untuk memastikan kami mendesainnya secara benar dan memenuhi target peluncuran kapal pertama pada tahun 2025”

Sebagai informasi Multi Role Combat Vessels (MRCV) adalah kapal perang yang dibangun berdasarkan pendekatan modular sehingga dengan desain satu hull dapat menjadi berbagai jenis kapal mulai dari OPV hingga Frigate untuk misi militer atau Supporting Ships untuk misi non militer.

Salah satu varian dari Multi Role Combat Vessels (MRCV) adalah Frigate Vanguard 120 dan Vanguard 130. Dengan panjang 120 meter atau 130 meter kapal seberat 5.000 ton ini dapat mengakomodasi drone laut Protector USV dan kapal pendarat (Landing craft unit/LCU)

Kapal ini semakin seram dengan desain stealth serta mampu menjalani misi tempur tri matra yaitu anti kapal selam (ASW), anti kapal permukaan (ASuW) dan anti pesawat terbang (AAW). Dengan beroperasinya MRCV nanti mulai tahun 2025 tentunya membuat AL Singapura menjadi yang terkuat dan tercanggih di kawasan ASEAN. Sebelumnya AL Singapura telah mengoperasikan Frigate Siluman kelas Formidable dan Korvet Kelas Independence.

Baca Juga:  AD Amerika Serikat Segara Pakai Pistol Baru

Sumber: World Defense Zone

https://www.straitstimes.com/singapore/advanced-multi-role-combat-vessels-ready-by-2027

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan