Kapal Rumah Sakit KRI dr. Radjiman 992 Resmi Mulai Beroperasi

PT. PAL Indonesia membuka awal tahun 2023 dengan menambah fasilitas kesehatan dengan selesainya pembangunan Kapal Rumah Sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992. Kapal ini merupakan Kapal Rumah Sakit kedua karya anak bangsa, yang dimana fasilitasnya setara dengan rumah sakit tipe C plus.

KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 mempunyai panjang kurang lebih sekitar 124 meter. Kapal ini mempunyai bobot berat 7.300 ton dan mampu melaju dengan kecepatan 18 knot.

Sementara untuk kapasitas kapal ini mampu membawa 163 anak buah kapal (ABK), pilot dan kru helikopter 18 orang, tamu VVIP 1 orang, staf medis 66 orang, pasien 158 orang, dan sukarelawan 280 orang. Kapal ini mampu bertahan selama 30 hari di laut dengan kemampuan muat material 3 unit helikopter. Lalu, mampu membawa 2 unit ambulance boat, 2 unit kapal LCVP dan 1 unit kapal RHIB.

Pada agenda tersebut CEO PT PAL Indonesia Bapak Kaharuddin Djenod resmi menyerahkan Kapal Rumah Sakit dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. kemudian juga dilaksanakan upacara peresmian dan pengukuhan Komandan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono oleh KSAL.

Turut hadir Komisi I DPR RI, Pangkoarmada RI, beserta jajaran pejabat utama Mabes TNI AL, pejabat utama Kementerian BUMN, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Kesehatan, serta Komisaris & Direksi PT PAL Indonesia.

Baca Juga:  Tambahan Hercules A-1335 Perkuat Operasional Skadron 32 TNI AU

Setelah resmi diserah terimakan kini KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 akan memperkuat Satuan Kapal Bantu Koarmada I. Dengan hadirnya Kapal Rumah Sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang didesain khusus agar dapat mampu menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, dapat menjadi salah satu solusi pemenuhan fasilitas kesehatan dalam negeri. Sumber: PT PAL