Kapal Selam Alugoro Tes Uji Kemampuan Selam di Banyuwangi

Kapal Selam Alugoro yang merupakan karya anak bangsa yang dirakit di fasilitas PT PAL Indonesia bekerjasama dengan Korea Selatan melakukan uji tahapan kemampuan selam laut (nominal diving depth/NDD) di area latihan TNI AL yang memiliki kedalaman laut memadai, yakni di Perairan Laut Utara Pulau Bali, Banyuwangi pada Senin. (20/01/2020).

Tahapan kemampuan selam laut merupakan bagian dari 53 item dari tes penerimaan laut (sea acceptance test/SAT) kapal selam Alugoro dan dalam NDD kapal selam ini dilakukan tes selam hingga kedalaman 250 meter.

“Tahapan NDD ini sangat penting, setelah tahapan uji kemampuan selam berhasil dilaksanakan, dapat disimpulkan 90 persen proses pembangunan kapal selam telah berhasil,” ujar Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero) Satriyo Bintoro zeperti dikutip dari antaranews.com

Kapal selam ini adalah hasil transfer teknologi dari Daewoo Shipbuilding serta Marine Engineering (DSME) Korea selatan dan menjadikan Indonesia negara pertama di ASEAN yang mampu merakit kpal selam.

“Kapal selam tersebut sepenuhnya dibangun di fasilitas kapal selam PT PAL Indonesia (Persero),” ujarnya.

Ia mengemukakan, dalam pengerjaan joint section PT PAL Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan dengan predikat tidak ada kendala (zero defect).

Selama pengujian Kapal ini dikawal oleh Kapal RE. Martadinata. menggunakan dermaga di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, sebagai sarana dan fasilitas berlabuh.

Kapal Selam Alugoro memiliki spesifikasi panjang 61,3 meter, kecepatan maksimal saat menyelam 21 knot dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot. (Novi Husdinariyanto)

Baca Juga:  Selesai Jalani "Major Servicing", Hawk Mk-209 TNI Kembali Siap Tempur

Posting oleh: Herru Sustiana
Sumber teks: antaranews.com