Kapal TK1482, Kapal Nelayan Dengan Standar Militer Milik Vietnam

Seperti halnya China, Vietnam juga punya kapal kamuflase, yaitu kapal dengan tampang nelayan biasa tapi punya standar militer dan bisa digunakan untuk aksi tertentu.

Vietnam punya Kapal kelas TK1482 merupakan kapal yang berfungsi sebagai kapal penangkap “Ikan”, dengan spesifikasi berlambung terbuat dari baja dan juga dipersenjatai hingga kemampuan untuk pengintaian.

Kapal TK1482 ini disebut sebut diperuntukan pada nelayan milisi yang akan di operasikan oleh Angkatan Laut Rakyat Vietnam (VPN) dan lembaga dibawah Kementerian Perikanan yaitu Vietnam Fisheries Resource Surveillance.

Kelas ini memiliki tiga varian utama yaitu TK1482A, B dan C, dimana varian A & B akan di gunakan oleh VPN dan untuk varian C akan dipakai Fisheries Resource Surveillance.

Kelas TK1482 ini yang diketahui hingga kini mempunyai bobot hingga 400 ton, dibangun di Ba Son Shipyard milik Pemerintah dan juga dibangun di galangan kapal Vietnam lainnya.

Rencana awal pembangunan TK1482 ini akan di dibuat sebanyak 126 unit kapal dan kapal pertama dalam kelas telah dibangun sejak November 2019 lalu, kini hanya perlu waktu singkat di awal 2021 tercatat seluruh 126 kapal selesai dibuat.

Tugas utama kapal nelayan milisi TK1482 selain menjadi kapal pencari ikan, kapal ini juga berfungsi sebagai kapal pelindung rig minyak, patroli di wilayah ZEE Vietnam, pengawalan kapal nelayan Vietnam yang berukuran kecil dan tentu sebagai Coast Guard dadakan yang bisa melakukan tabrak menabrak.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan