Kodim 0826 Pamekasan Minim Perlengkapan Alutsista

kodim

Alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0826 Pamekasan ternyata minim. Kodim Pamekasan hanya memiliki dua jenis senjata, yakni senapan laras panjang dan pistol. Sementara persenjataan jenis yang lain tidak ada.

Komandan Kodim (Dandim) 0826 Pamekasan Letkol (Arm) Mawardi Arie Arumbinang menyatakan senapan laras panjang yang ada adalah jenis SS1 dan pistol FN. Jumlah senapan laras panjang dan juga pistol masing-masing di bawah 100 unit. Sementara kendaraan hanya satu truk dengan berat 2,5 ton untuk mengangkut personel.

Meski jumlah alutsista yang dimiliki kodim kurang, namun Mawardi tidak mempersoalkannya. Sebab menurutnya, satuan kewilayah atau satuan teritorial tidak dilengkapi dengan alutsista full. Selama ini pimpinan TNI memprioritaskan pemenuhan alutsista di satuan tempur.

”Itu memang fair karena kita bukan seperti satuan tempur. Satuan kewilayahan bukan diproyeksikan untuk pengerahan dalam rangka menjalankan tugas seperti satuan tempur,” ungkapnya. Menurutnya TNI tentu menginginkan, baik satuan terotorial maupun satuan tempur dilengkapi dengan alutsista yang cukup.

Namun karena terbatasnya anggaran alutsista, akhirnya pemenuhannya diutamakan untuk satuan tempur. ”Yang penting kami masih punya senjata untuk pemeliharaan kemampuan, seperti teknis menembak,” jelasnya. ”Boleh-boleh saja kami mengajukan tambahan alutsista. Tapi semua bergantung pada ketersediaan alutsista di angkatan darat,” pungkasnya.

Baca Juga:  Sosialisasi Penerimaan Calon Prajurit TNI AL Tahun 2020

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan