Korea Selatan Bikin Rudal Balistik Canggih Berbasis Darat

Korea Selatan, Rabu (25/11), memutuskan untuk memproduksi massal rudal balistik jenis baru yang bisa meluncur dari darat yang dirancang untuk menghancurkan pangkalan artileri bawah tanah Korea Utara, kata para pejabat.

Menurut Badan Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan (DAPA). Riset proyek ini senilai 450 miliar won (US $ 406,14 juta) untuk mengembangkan senjata baru tersebut dengan teknologinya sendiri, dan tambahan 320 juta won dialokasikan untuk produksi massal.

“Proyek ini untuk menghancurkan artileri jarak jauh yang disembunyikan di terowongan bawah tanah untuk menetralkan serangan musuh dalam waktu sesingkat mungkin,” kata badan pengadaan senjata itu dalam sebuah pernyataan.

Rudal balistik dengan jangkauan sekitar 120 kilometer, mampu menyerang beberapa target secara tepat pada saat yang sama, kata narasumber pejabat, menambahkan bahwa rudal tersebut diharapkan akan masuk ke dalam operasi tempur sekitar tahun 2022.

Korea Utara sendiri mengungkapkan jenis baru rudal taktis permukaan-ke-permukaan (KN-24) pada Agustus 2019, dan telah melakukan uji coba tiga kali. Rudal yang ditembakkan dari kendaraan peluncur erector transporter (TEL) beroda rantai, memiliki beberapa kesamaan dengan rudal Army Tactical Missile System (ATACMS) AS, kata para ahli.

Sumber : en.yna.co.kr/TSM Angga Saja

Baca Juga:  Ukraina Gagalkan Penyelundupan Mesin Helikopter ke Rusia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan