Korea Selatan Rilis Foto Baru Perakitan Pesawat Tempur KF-X

Korea Aerospace Industries (KAI) telah membagikan foto-foto baru yang menunjukkan proses produksi jet tempur next-generation KF-X.

Raksasa kedirgantaraan Korea Selatan itu merilis foto baru dari jalur perakitan KF-X di Sacheon, selatan Seoul.

Berdasarkan foto-foto baru itu, nampak pesawat prototipe pertama KF-X telah dipasang stabilizer vertikal, dan prototipe kedua sedang dirakit dengan Fuselage Automated Splice System (FASS) otomatis.

KAI mengatakan KF-X adalah salah satu proyek nasional terpenting untuk menggantikan pesawat tempur Angkatan Udara-nya saat ini dan untuk memperkenalkan pesawat tempur generasi berikutnya yang dapat memenuhi konsep operasi medan perang di masa depan. Juga, KAI melokalisasi bagian avionik utama untuk peningkatan produk dengan menggunakan teknologi dalam negeri Korea Selatan. Komputer misi dan kontrol penerbangan, yang merupakan otak pesawat, akan dipasang pada KF-X untuk uji darat dan uji terbang setelah uji kinerja tahun ini.

KAI memulai pengembangan sistem pesawat pada Desember 2015, melalui PDR (Preliminary Design Review) pada 2018, memulai machining bagian detail pertama pada Februari 2019 dan lulus CDR (Critical Design Review) pada September 2019.

KF-X akan selesai pada paruh pertama tahun 2021 dan uji terbang pertama dijadwalkan selesai pada 2022. Pada 2026, pengembangan sistem pesawat akan selesai.

Sumber : defence-blog.com via TSM Angga Saja
Foto : Korea Aerospace Industries

Baca Juga:  Menhan Malaysia Bantah Kapal Selamnya Tidak Bisa Menyelam

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan