Korea Selatan Sukses Bikin Prototipe Radar AESA untuk Pesawat KF-X

Badan Pengembangan Pertahanan Korea Selatan (Agency for Defense Development – ADD) and Hanwha Systems berhasil menyelesaikan pengembangan prototipe radar multi fungsi AESA (active electronically scanned array) yang akan digunakan pada pesawat tempur KF-X, sesuatu yang semula dianggap tidak mungkin bahkan oleh kalangan dari Korea Selatan sendiri.

Seorang pejabat dari pemerintah Korea Selatan mengatakan, “Acara peluncuran resmi telah dijadwalkan pada bulan depan, dimana hal ini sangat berarti karena kami akhirnya berhasil menyelesaikan pengembangan radar AESA, yang sebelumnya dianggap tidak mungkin untuk dilakukan.”

Menurut narasumber pemerintah Korea Selatan pada tanggal 2 Juli, radar tersebut akan diluncurkan dalam sebuah acara resmi pada tanggal 12 Agustus.

Radar AESA yang dikembangkan Korea Selatan tersebut mampu melacak dan mendeteksi lebih dari 1.000 sasaran dan memiliki kemampuan serang jarak jauh yang presisi yang memainkan peranan penting dalam konsep pertempuran udara modern.

Pengujian dan evaluasi radar AESA Korea Selatan tersebut dilakukan di Israel dengan bantuan Elta Systems yang sudah diakui dunia dalam hal teknologi radar. Dikatakan industri radar Israel tersebut memuji kinerja bagian fungsional radar AESA yang pertama kali dikembangkan oleh Korea Selatan dengan teknologinya sendiri tersebut.

Radar tersebut berhasil lolos dalam Critical Design Review (CDR) pada 26 September tahun laludan kemudian menjalani pengujian udara.

Radar akan menjalani pengujian lebih lanjut pada pesawat prototipe KF-X yang akan roll out pada tahun depan.

Baca Juga:  China Bangun Pangkalan Militer di Vanuatu Dengan Jebakan Hutang, Australia Keder!

Sumber : biz.heraldcorp.com, FP @ROKArmedForces, via FP TSM

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan