Korps Marinir TNI AL Dikirim Latihan Ke Amerika

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono menyaksikan langsung unjuk kemampuan tempur Prajurit Intai Amfibi (Taifib) Marinir yang akan berlatih Amerika Serikat dalam Latma Reconnaissance Exercise 21-I.

Unjuk kesiapan sekaligus pelepasan kontingen yang terlibat dalam latihan bersama antara satuan Intai amfibi Korps Marinir dengan the United States Marine Corps (USMC) Reconnaissance Unit di Lapangan Tembak Jusman Puger Kesatrian Marinir Hartono Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (12/8/21).

Adapun unjuk kebolehan yang ditinjau KSAL adalah Latihan menembak berhadapan, Latihan Terjun Tempur, Latihan Close Quarters Battle (CQB) atau Pertempuran Jarak Dekat, Latihan Menembak Reaksi dan Latihan Ekspiltrasi Stabo dan Atav. Baca juga: Dapatkan Baret Ungu, Ratusan Taruna Marinir Ikuti Pendidikan Komando di Situbondo

“Latma Reconex diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan pemahaman bersama antara marinir kedua negara, Indonesia dan Amerika Serikat. Latihan dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan interoperabilitas dan kemampuan Satuan Intai Amfibi Korps Marinir TNI Angkatan Laut dan USMC Reconnaissance Unit melalui latihan teknis dan taktis serta Latihan,” ujarnya.

KSAL percaya seluruh prajurit Taifib Marinir akan mampu mengimbangi dan melaksanakan latihan tersebut, karena Latihan ini sering dilaksanakan dan bagi yang belum hal ini menjadi kesempatan yang bagus untuk menyerap ilmu, tidak kalah dengan mereka dan tunjukan kalian mampu, jaga nama baik negara” harapnya.

Baca Juga:  Indonesia Jajaki Pembelian Kapal Selam Terbaik Dari Swedia

Latma Reconex 21-I rencananya digelar di Amerika Serikat pada September. Latma Reconex merupakan latihan yang diselenggarakan setiap tahun ini antara TNI Angkatan Laut dalam hal ini Korps Marinir TNI AL dengan USMC Reconnaissance Unit sebagai implementasi kesepakatan antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat untuk memperkuat kerjasama bilateral bidang pertahanan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Asrena KSAL, Aspotmar KSAL, Pejabat Utama Mabesal, Wadan Kormar, Dan Pasmar 1, Ir Kormar dan pejabat utama Korps Marinir.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan