Korsel Pasok Senjata Senilai 2,9 Milyar Dollar Ke Ukraina

Korea Selatan akan memasok senjata senilai $2,9 miliar ke Ukraina, harian Ceko Mladá fronta DNES melaporkan pada 30 September.

Surat kabar itu mengatakan bahwa Amerika Serikat akan membayar senjata yang akan dikirim pertama kali ke perusahaan senjata Ceko. Nantinya, senjata, yang akan mencakup sistem pertahanan udara portabel (MANPAD) KP-SAM Chiron, akan ditransfer sebagai hadiah ke Ukraina.

Senjata Korea Selatan tidak dapat dikirim langsung ke Ukraina karena posisi resmi Seoul. Negara tersebut telah menyuarakan dukungannya untuk Kiev sejak dimulainya operasi militer khusus Rusia di Ukraina. Namun, ia keberatan mengirim senjata ke negara itu. Paket bantuan Korea Selatan sebelumnya kepada pasukan Kiev terdiri dari “barang-barang tidak mematikan” seperti helm atau jaket antipeluru.

Menanggapi pertanyaan surat kabar tentang rencana untuk memasok senjata Korea Selatan melalui Republik Ceko, Menteri Pertahanan Ceko Jana Chernokhova menolak untuk mengkonfirmasi atau menyangkal.

“Saya tidak ingin mengomentari spekulasi media [tentang pasokan senjata ke Ukraina],” kata menteri. “Bantuan Ceko ke Ukraina terus berlanjut. Untuk alasan keamanan, seperti yang saya katakan sebelumnya. Kami tidak akan mendefinisikannya.”

Chiron MANPAD, yang diproduksi oleh raksasa pertahanan Korea Selatan LIG Nex1, menampilkan sistem IFF [identifikasi teman atau musuh] terintegrasi, kemampuan malam dan cuaca buruk, pencari inframerah [IR/UV] dua warna untuk membantu meniadakan IRCM [inframerah] dan hulu ledak proximity-fuse.

Baca Juga:  David Sling, Sistem Pertahanan Udara Terbaru Israel

Sistem pertahanan udara memiliki ketinggian keterlibatan puncak 3,5 kilometer dengan jangkauan jarak maksimum hingga 7 kilometer.

Chrion akan efektif melawan helikopter dan drone yang terbang rendah. Namun, itu tidak akan menjadi ancaman bagi jet tempur yang cepat dan bermanuver tinggi. Sistem ini menambahkan sangat sedikit persenjataan MANPAD yang telah dipasok ke pasukan Kiev oleh AS dan sekutunya, seperti FIM-92 Stinger, Mistral dan Piorun.

Keputusan Korea Selatan untuk memasok senjata ke Kiev dapat berdampak pada hubungannya dengan Rusia. Upaya untuk memasok senjata ini melalui kontraktor privet di Republik Ceko tidak akan menipu Moskow, yang kemungkinan besar tidak akan menghapus Korea Selatan dari Daftar Negara Tidak Bersahabat dalam waktu dekat.