Korsel Undang Prabowo Dalam Pengenalan Perdana Pesawat KF-X

Meski status Indonesia masih plin plan dalam kelanjutan kerjasama proyek pesawat tempur KFX/IFX dengan Kotea Selatan. Namun pihak Korsel tetap akan mengundang
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto Djojohadikusumo dalam peluncuran (Roll Out) perdana jet tempur KF-X pada bulan ini. Dikutip dari media Korsel Yonhap, Jumat (2/4/2021).

“Setahu saya, Indonesia telah menyampaikan kepada pemerintah kami niat berupa pejabat senior militer, termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, akan menghadiri acara peluncuran KF-X,” kata seorang sumber Yonhap.

Dalan perjanjian Indonesia sendiri telah berjanji untuk menanggung 20% dari biaya pembangunan 8,8 triliun won atau setara Rp 112 triliun. Akan tetapi, Indonesia telah berhenti melakukan pembayaran dan memicu spekulasi bahwa Indonesia sedang berusaha untuk keluar dari proyek tersebut.

Kang Eun-ho selaku Kepala Badan Pengadaan Senjata Korea Selatan, mengunjungi Indonesia bulan lalu dan menyerahkan undangan tersebut.

Perhatian tertuju pada apakah kerja sama pertahanan antara kedua belah pihak akan kembali ke jalurnya saat kunjungan Prabowo.

Selain proyek jet tempur, Indonesia menandatangani kesepakatan dengan Korea Selatan pada 2019 untuk membeli tiga kapal selam. Namun, bisnis tersebut juga hanya mengalami sedikit kemajuan sejak saat itu.

Baca Juga:  Para Penerbang Tempur TNI AU Kumpul di Lanud Madiun

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan