KRI Tombak-629 TNI AL Gunakan Meriam Kanon A-220M Buatan Rusia

Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL) dilaporkan oleh janes.com telah memperoleh dua senjata meriam kapal, yaitu naval gun A-220M 57 mm buatan Rusia. Unit pertama akan dipasanh pada kapal serang cepat KCR-60M KRI Tombak.

Gambar yang diberikan kepada Janes dari dua sumber industri terpisah mengkonfirmasi bahwa salah satu unit senjata naval gun tengah dipasang sebagai senjata utama di kapal perang KCR-60M KRI Tombak-629.

Senjata-senjata baru ini menggantikan meriam Bofors 40 mm

Menurut literatur produk yang diterbitkan oleh JSC Central Research Institute Burevestnik, meriam A-220М dirancang mampu menyerang target udara, permukaan, dan pantai. A-220M memiliki jangkauan maksimum hingga 12 km saat menyerang target permukaan, dan 8 km saat menyerang target udara.

Janes memahami bahwa kanon A-220M yang dipasok ke Indonesia memiliki fitur mounting and a barrel-cooling system yang telah disesuaikan secara khusus untuk kelas KCR-60M, mengingat keterbatasan ruang di bawah dek kapal.

Senjata ini juga dilengkapi dengan sistem kontrol senjata elektro-optik dan radar-dipandu sendiri dan dapat menampung hingga 400 amunisi on-mount.

Baca Juga:  Uji Dinamis Kendaraan Peluncur Roket R-HAN 122B Tahap II

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan