KSAL Baru Laksamana Yudo Margono Pastikan Laut Natuna Aman

TNI AL punya pucuk pimpinan baru, Yaitu Laksamana Yudo Margono yang dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) pada Rabu (20/5).

Salah satu janji dari Laksamana Yudo Margono usai dilantik adalah, akan fokus meningkatkan pengamanan dari kapal asing di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau.

Sejak menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan), Yudo mengklaim rutin menggelar patroli untuk mengawasi kapal China yang masuk ke wilayah perairan Indonesia.

“Sejak Januari saat kapal-kapal China masuk ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif), tetap kita laksanakan pengamanan. Sehingga waktu saya Pangkogabwilhan punya posko di sana, kalau sewaktu-waktu ada eskalasi bisa langsung ditindaklanjuti bersama unsur Bakamla maupun KKP,” ujar dia, usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta seperti dikutip dari CNNIndonesia.com

Yudo menuturkan saat ini ada empat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), satu pesawat milik TNI AL, dan satu pesawat Boeing yang digunakan untuk memantau pergerakan kapal China maupun kapal asing lainnya yang masuk ke perairan Indonesia.

“Saat itu kalau ada info-info (soal kapal asing) saya langsung mengecek dengan patroli udara maupun unsur-unsur KRI kita,” ucap dia

Selain soal pengawasan terhadap kapal asing, Yudo juga memastikan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) TNI AL terpenuhi. Ia juga bakal fokus dalam pengendalian penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Lulusan Akademi Angkatan Laut 1988 itu berharap para prajurit TNI AL dapat menjalankan tugasnya dengan baik tanpa terpapar virus corona.

Baca Juga:  Disabotase, KRI Frans Kaisiepo-368 Meledak dan Terbakar

“Kita tetap jaga diri dengan physical distancing, menggunakan masker. Tentu untuk operasional kita supaya tidak terpapar Corona kita antisipasi,” ucapnya.

Yudo dilantik sebagai KSAL menggantikan Laksamana Siwi Sukma Adji yang memasuki masa pensiun pada Mei ini.

Ia dilantik bersama Marsekal Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara. Fadjar menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna yang pensiun pada Juni mendatang. (Sumber: CNNIndonesia.com)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan