Kuwait Terima 2 Pesawat Typhoon Pertama dari 28 Yang Dipesan

dua jet tempur terbaru AU Arab Saudi, Eurofighter Typhon

Dua unit pesawat yang pertama dari 28 Eurofighter Typhoon yang dipesan oleh Kuwait telah dikirim ke negara Teluk itu, hal tersebut diumumkan oleh sang perusahaan pembuat Leonardo dari Italia pada hari Selasa 14/12/2021.

Kedua pesawat terbang dari Italia, tempat mereka dirakit, dengan pengawalan pengisian bahan bakar yang disediakan oleh dua kapal tanker KC-767 angkatan udara Italia sementara dua Eurofighter Italia juga menyediakan pengawalan.

Leonardo mengatakan pilot Kuwait telah berlatih di Skuadron ke-4 Angkatan Udara Italia di Grosseto di Italia tengah, sementara pilot uji Leonardo dan instruktur dari layanan udara Italia akan mendukung pelatihan awal pilot Kuwait dan OCU (Unit Konversi Operasional) di pangkalan Al Salem di Kuwait.

Italia telah mengelola penjualan Eurofighters ke Kuwait dan menguji terbang radar elektronik baru yang dipasang di pesawat.

Dikenal sebagai Eurofighter Common Radar System Mk 0, radar ini juga akan melengkapi 24 Eurofighters pesanan Qatar dan dibangun oleh konsorsium Euroradar yang bekerja sama dengan Leonardo Italia, Leonardo Inggris, Indra Spanyol dan Hensoldt Jerman.

Sebuah upgrade, Mk 1, dipasang pada sekitar 130 Eurofighters Jerman dan Spanyol pada pertengahan 2020-an, sementara Inggris telah mengembangkan versi Mk 2 yang menampilkan komponen yang berbeda.

“Eurofighter Typhoon yang telah kami kembangkan dan produksi untuk Angkatan Udara Kuwait adalah yang paling canggih sepanjang sejarah program Eropa,” kata CEO Leonardo Alessandro Profumo.

Baca Juga:  Pesawat F-16 Israel Terendam Banjir

Eurofighter kini telah diprosuksi total 510 unit. Pesanan yang sedang diproduksi didominasi berasal dari negara Arab dengan Arab Saudi membeli 72, Austria 15, Oman 12, Kuwait 28 dan Qatar 24 jika selesai total 661 unit pesawat Typhoon.

Sumber: Defence News

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan