Lagi, Amerika Gelontor Bantuan Untuk Ukraina Senilai Ratusan Juga Dollar

Pentagon mengatakan akan mengirim bantuan untuk Ukraina senilai total $ 400 juta untuk amunisi artileri, senjata dan pasokan dalam paket bantuan terbarunya untuk membantu negara itu mempertahankan diri melawan Rusia.

Paket bantuan keamanan yang diumumkan Rabu mencakup lebih banyak amunisi untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi, atau HIMARS, rudal anti-radiasi berkecepatan tinggi, atau HARM, dan 200 peluru artileri 155mm berpemandu presisi, kata Departemen Pertahanan AS dalam sebuah pernyataan.

Ini juga mencakup 150 senapan mesin berat dengan pembidik termal yang dapat digunakan Ukraina untuk menembak jatuh drone Rusia, kata Pentagon, serta 10.000 mortir 120mm dan amunisi tambahan untuk Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Tingkat Lanjut Nasional, atau NASAMS, udara sistem pertahanan yang dikembangkan oleh Kongsberg Defense and Aerospace Norwegia dan perusahaan AS Raytheon Technologies.

“Dengan rudal Rusia yang tak henti-hentinya dan secara brutal serta serangan [sistem udara tak berawak] terhadap infrastruktur energi kritis Ukraina, kemampuan pertahanan udara tambahan tetap menjadi prioritas mendesak,” kata Pentagon. “Amunisi tambahan untuk NASAMS dan senapan mesin berat akan membantu Ukraina melawan ancaman mendesak ini.”

Paket itu juga mencakup 150 Humvee, lebih dari 100 kendaraan taktis ringan, lebih dari 200 generator, suku cadang untuk Howitzer 105mm dan peralatan lainnya, serta lebih dari 20 juta butir amunisi senjata kecil.

Bantuan militer ini akan menjadi yang ke-26 dari AS untuk Ukraina sejak Agustus 2021. Pentagon mengatakan AS telah memberikan sekitar $22 miliar bantuan keamanan ke Ukraina sejak 2014, dengan lebih dari $19 miliar di antaranya datang sejak Rusia menginvasi negara itu pada Februari.