Latma Elang Ausindo 2019: F-16 TNI AU dan F/A-18 RAAF Tiba di Manado

Menjelang digelarnya latihan bersama (Latma) Elang Ausindo 2019, 12 pesawat tempur TNI AU dan RAAF (Royal Australian Air Force) tiba di Manado.

Kedatangan 6 pesawat F-16 Fighting Falcon TNI AU dan 6 pesawat F/A-18 Hornet RAAF ini disambut langsung oleh Komandan Lanud Sam Ratulangi (Sri) Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, S.E., beserta para pejabat Lanud Sri di Manado, Sabtu (14/9/2019).

Latma Elang Ausindo merupakan latihan bilateral yang rutin dilaksanakan TNI AU dan RAAF yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel serta mempererat kerja sama dan hubungan persahabatan yang sudah terjalin baik selama ini.

TNI AU mengerahkan enam unit F-16 Fighting Falcon yang terdiri dari lima unit dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dan satu unit dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun, ditambah satu helikopter Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja Bogor sebagai pendukung SAR. Sementara RAAF melibatkan enam unit F/A-18 Hornet dari 1st RAAF Squadron.

Selain pesawat tempur, latihan ini juga melibatkan pesawat C-130 Hercules TNI AU, C-17 Globemaster II RAAF serta ratusan personel dari kedua angkatan udara.


Direncanakan latihan ini akan berlangsung selama kurang lebih dua minggu, mulai tanggal 16 hingga 29 September mendatang di wilayah Lanud Sri Manado.


Sumber teks: tni-au.mil.id

Baca Juga:  Kopassus Siap Diterjunkan Berantas Teroris

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan