Le Triomphant, Kapal Selam Nuklir Andalan Perancis

Le Triomphant adalah kapal selam startegis milik AL Prancis yang membawa rudal balistik nuklir (Submarine-Launched Ballistic Missile/SLBM). Prancis memilik empat kapal selam SSBN (Strategic Submarine Ballistic Nuclear) jenis ini, yaitu Le Triomphant (S616), La Temeraire (S617), Le Vigilant (S618), dan Le Terrible (S619). Awalnya, Prancis akan membangun enam kapal selam kelas Triomphant, namun hanya empat yang dibangun karena berakhirnya Perang Dingin. 

Kapal selam nuklir kelas Triomphant dirancang dan dibangun oleh DCN (Direction des Constructions Navales) di galangan Cherbourg. Keempat SSBN ini dibangun pada antara tahun 1994 dan 2008. Tiomphant merupakan kapal selam yang sangat powerfull dibandingkan dengan kapal selam sejenis milik negara lain. Kapal selam ini dapat menghancurkan target dengan rudal balistik yang dibawanya secara presisi.

Berakhirnya Perang Dingin, membuat Prancis memutuskan hanya membangun empat kapal selam kelas Triomphant. Kapal selam keempat Le Terrible diluncurkan, pada Maret 2008, dan resmi masuk Angkatan Laut Prancis pada, September 2010. Kapal selam kelas Triomphant didesain sangat streamline, lambung berbentuk tabung membusur dan meruncing pada bagian depan dan buritan.

Kapal selam kelas Triomphant membawa rudal balistik M45 dengan enam hulu ledak termonuklir, masing-masing berkekuatan 150 kiloton, yang mampu menjangkau target secara independe. Rudal balistik M45 memiliki jangkauan sejauh 6.000 km. Prancis kemudian menggati rudal balistik M45 dengan M51, yang mampu membawa 12 kepala nuklir independen dan menjangkau sasaran sejauh 8.000 km. SLBM M51 yang mampu melesat dengan kecepat 25 mach ini resmi memperkuat Angkatan Laut Prancis, pada 2010. 
Kapal selam nuklir (SSBN) kelas Triomphant juga dipersenjatai dengan rudal Exocet SM39 buatan MBDA. Rudal permukaan ke permukaan Exocet SM39 ditembakan melalui tabung torpedo dan dapat menghancurkan target sejauh 50 km. Rudal yang mampu melesat rendah di atas permukaan laut dengan kecepatan 0.9 mach atau 1111 km/jam. SM39 membawa hulu ledak high-explosive 165 kg. Triomphat juga dipersenjatai dengan torpedo ECAN L5 mod 3 yang memiliki jangkauan 9 km dan melesat hingga kecepatan 35 knot (65 km/jam) dengan hulu ledak 150 kg. SSBN kelas Triomphat mampu membawa 18 rudal dan torpedo. 

Baca Juga:  AD Amerika Borong Black Hornet, Drone Kecil Mungil

SSBN kelas Triomphat yang memiliki panjang 138 m dan lebar 12,5 m ini diawaki 111 kru. Kapal selam nuklir ini dilengkapi dengan radar DR 3000U, buatan Thales, yang beroperasi pada D dan K band. Kelas Triomphant dilengkapi denganThales Underwater Systems DMUX 80, perangkat sonar flank array, toewd array frekuasi rendah jarak jauh. Radar pencari kapal selam buatan Thales beroperasi pada I band. 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan