Lima Pesawat Sukhoi Su-27/30 TNI AU Latihan Penembakan Rudal Air-to-Ground di Pandanwangi, Lumajang

Memasuki minggu kedua, lima jet tempur Su-27/30 dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar yang kini berada di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang melaksanakan latihan penembakan dari udara ke darat (air-to-ground).

Penembakan dari udara dilaksanakan menggunakan bom dan roket terhadap sasaran yang sudah disiapkan di Air Shooting Range (ASR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur.

Kepala Seksi Operasi (Kasiops) Skadron Udara 11 Mayor Pnb Andry “Stellar”Libarsyah menyatakan, lima pesawat Su-27/30 melaksanakan penerbangan presisi sebanyak tujuh sorti.

“Penembakan menggunakan bom OFAB 250 dan roket jenis S-8 Kom,” ujarnya Senin (1/7).

Ditambahkan, penembakan udara ke darat dilakukan oleh para penerbang tempur Flanker dari ketinggian 2.500 kaki (762 meter).

Sebelum melaksanakan penembakan, pesawat Su-27/30 terlebih dahulu melakukan persiapan menukik dengan terbang pada ketinggian 5.500 kaki (1.676 meter).

“Begitu ketinggian mencapai 2.500 kaki, penerbang menekan tombol senjata hingga roket dan bom meluncur dengan cepat ke sasaran di darat,” jelasnya seperti dikutip Kepala Penerangan Lanud Abdulrachman Saleh.

Baca Juga:  Tiongkok Tawarkan Jet Tempur FC-31 Setengah Harga Pesawat F-35 AS

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan