Malaysia Akhirnya Pilih Pesawat HAL Tejas Buatan India?

Media militer Malaysia, Perajurit.com, melaporkan bahwa ada sinyalemen jelas bila negeri jiran tersebut akan memilih pesawat tempur HAL Tejas buatan India untuk mengisi kekosongan pesawat tempur MiG-29 yang menua dan kesulitan suku cadang.

Sinyal utama adalah pertemuan empat mata antara Menteri Pertahanan India – Malaysia, Rajnath Singh dengan Dato’ Seri Hishammuddin Tun Hussein pada Senin 27/06/2022, yang salah satunya membahas tentang minat Malaysia pada pesawat dwifungsi tempur ringan dan latihan lanjutan (LCA/FLIT) untuk Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM).

Poin penting dari pembicaraan itu adalah pengalaman India dalam memadukan HAL Tejas dengan Sukhoi Su-30MK buatan Rusia. Hal yang sama juga akan berlaku di TUDM, saat ini TUDM juga diperkuat Sukhoi Su-30MK.

India berhasrat menawarkan 18 buah pesawat HAL Tejas bagi memenuhi keperluan TUDM. Selain itu juga ada penawaran dari SAAB Swedia dengan JAS Gripen dan Amerika Serikat dengan F-16 Viper.

Dengan situasi konflik Rusia – Ukraine dikhawatirkan akan mempengaruhi pasokan suku cadang untuk pesawat tempur buatan Rusia, makanya TUDM perlu mencari negara yang memiliki pengalaman untuk memastikan Sukhoi Su-30MKM terus terbang dan pesawat pendampingnya. Pesawat Sukhoi Su-30MKI India mempunyai konfigurasi yang sama dengan SU-30MKM milik si Jiran.

Dengan membeli HAL Tejas, Malaysia bisa memanfaatkan bengkel dan pasokan Suku Cadang Su-30 dari India.

1 Trackback / Pingback

  1. Selangkah Lagi Malaysia Akan Membeli Pesawat Tejas Buatan India, Ini Alasanya – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan