Malaysia Mulai Mengevaluasi Proposal Untuk Mengganti Pengganti Pesawat Tempur Hawk Mk 108/208

“Malaysia Mulai Mengevaluasi Proposal Untuk Mengganti Armada Pesawat Tempur Hawk Mk 108/208”

Pemerintah Malaysia telah mulai mengevaluasi proposal untuk mengganti armada pesawat serang ringan dan pesawat latih utama Hawk Mk108/208 yang menua.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein pada 25 November dalam jawabannya atas pertanyaan parlemen tentang kecelakaan fatal yang melibatkan pesawat Hawk Mk 108.

Kecelakaan itu, yang terjadi pada 17 November di Pangkalan Udara Butterworth Angkatan Udara Malaysia (RMAF) di Penang, menewaskan satu awak dan melukai lainnya. Ini adalah yang terbaru dari serangkaian kecelakaan fatal yang melibatkan jenis pesawat di Malaysia sejak tahun 1998.

Dalam menjawab pertanyaan Ahmad Nazlan Indris, anggota parlemen Malaysia, Hishammuddin mengatakan, pemerintah baru-baru ini mengundang kontraktor internasional untuk mengajukan proposal masing-masing untuk menggantikan Hawk Mk 108/208 di bawah Light Combat Aircraft/Fighter Lead-In- Program Pelatih (LCA/FLIT).

Program ini bermaksud untuk memperoleh 36 pesawat LCA/FLIT untuk RMAF dalam dua tahap. Delapan belas badan pesawat sedang dibeli dalam proses 2021, dengan pesawat yang tersisa akan diakuisisi mulai tahun 2025 dan seterusnya.

Tahap pengajuan program LCA/FLIT ini ditutup pada 6 Oktober 2021, dan pejabat kementerian pertahanan saat ini sedang mengevaluasi proposal dari berbagai kontraktor, kata Hishammuddin. Ia menambahkan, proses pengadaan tersebut sejalan dengan rencana transformasi RMAF yang dikenal dengan CAP55.

Baca Juga:  QN-506 Kendaraan Lapis Baja Dengan Beragam Senjata

Hishammuddin telah berhenti mengungkapkan jenis pesawat yang sedang dievaluasi dalam proses. Namun, negara tersebut sebelumnya telah menyatakan minatnya pada Korea Aerospace Industries FA-50 Golden Eagle, M-346FA Master Italia, dan Boeing T-7A Red Hawk untuk persyaratan ini.

Source: https://www.janes.com/amp/malaysia-begins-evaluating-proposals-to-replace-fleet-of-hawk-mk-108208s/

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan