Mantan Wapres Afghanistan Deklarasikan Perang Lawan Taliban, Gunakan Bendera Aliansi Utara

Amrullah Saleh, mantan Wakil Presiden Afghanistan. Foto: istimewa

Setelah Kabul berada di bawah kendali Taliban, tentara Afghanistan, yang berhasil melarikan diri dari militan, kini datang berkonsolidasi ke wilayah Panjshir di bagian timur laut negara itu. Bendera ‘Aliansi Utara’ dikibarkan di lembah Panjshir.

Menurut laporan, pasukan Wakil Presiden Amrullah Saleh telah merebut kembali distrik Charikar di provinsi Parwan, utara Kabul, dari Taliban.

“Pertempuran sekarang terjadi di daerah Panjshir,” kata sumber itu. Panjshir adalah sebuah wilayah provinsi di utara Ibukota Kabul.

10.000 tentara di bawah komando Jenderal Abdul-Rashid Dostum saat ini sedang dikirim ke wilayah tersebut.

Sebelumnya, Wakil Presiden Afghanistan, Amrullah Saleh, menyatakan dirinya sebagai kepala sah Afghanistan, setelah mantan presiden Ghani meninggalkan negara itu.

Saleh mengklaim bahwa menurut Konstitusi Afghanistan, dengan tidak adanya presiden, wakil presiden otomatis menjadi penjabat kepala negara.

Di Pajshir, Saleh didukung oleh putra Ahmad Shah Massoud, yang mengumpulkan komandan suku yang tidak setuju dengan aturan Taliban. Dia meminta orang lain untuk datang dan mendukung perlawanan pada Taliban.

Sementara itu, wilayah tersebut telah dikepung oleh Taliban. Beberapa unit Taliban dilaporkan dikirim ke wilayah tersebut. Serangan besar siap diarahkan ke sana untuk melakukan pembersihan pada penentang, bisa menjadi tragedi pembunuhan massal.

Baca Juga:  Ditinggal Aliansi, Trump Ingin Amerika Mundur Dari Medan Perang Suriah

1 Trackback / Pingback

  1. Kepung Panshir, Taliban Minta Bantuan Rusia Membujuk Aliansi Utara Untuk Berdamai – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan