Maroko Beli Rudal AGM-84L Harpoon Block II

Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui penjualan 10 rudal AGM-84L Harpoon Block II kepada Maroko dengan total kontrak penjualan senilai $ 62 juta. Selanjutnya tinggal menunggu pengesahan dari Kongres AS yang kemungkinan pasti setuju karena disetujui juga oleh Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS (DSCA).

AGM-84 Harpoon adalah rudal udara anti-kapal di segala cuaca, over-the-horizon, yang diproduksi oleh McDonnell Douglas (sekarang Boeing).

Mampu terbang sangat rendah diatas laut (sea-skimming) untuk menghindari radar , dilengkapi pemandu radar aktif, dan desain hulu ledak yang memastikan ketahanan dan efektivitasnya yang tinggi.

Rudal ini mampu diluncurkan dari pesawat terbang, kapal permukaan, kapal selam, dan peluncur darat. Maroko bermaksud menggunakan rudal tersebut pada pesawat tempur multi-role F-16 untuk meningkatkan kemampuannya dalam pertahanan efektif pada jalur laut penting-nya. Kombinasi Harpoon dan F-16 digunakan sebagai platform anti-kapal oleh sejumlah kecil pelanggan F-16 internasional.

Baca Juga:  Peningkatan Luar Biasa Pada Tank T-90S/SK Yang Baru Saja diterima Vietnam

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan