Maroko Berencana Beli Dua Kapal Frigat Italia

Menurut tweet yang diposting oleh Defensearab pada 12 Juli 2021, Maroko sedang bernegosiasi dengan perusahaan Italia Fincantieri untuk mengakuisisi dua fregat multiguna FREMM, termasuk fregat milik AL Italia Luigi Rizzo (F 595). Langkah serupa pernah dilakukan oleh Mesir dengan membeli kapal perang sejenis yang sedang aktif digunakan oleh AL Prancis dan AL Italia (kapal fregat FREMM Normandie milik AL Prancis dan kapal Spartaco Schergat dan Emilio Bianchi milik AL Italia).

Luigi Rizzo adalah fregat kelas Carlo Bergamini milik Angkatan Laut Italia yang dikembangkan dari program fregat multiguna FREMM.

Program FREMM adalah proyek pertahanan angkatan laut Eropa yang ditugaskan ke OCCAR (Organisation Conjointe de Coopération en matière d’Armement / Organization for Joint Armament Co-operation) pada tahun 2005. Awalnya sebanyak 27 FREMM akan dibangun (17 untuk Prancis dan 10 untuk Italia), namun karena pemotongan anggaran, pesanan Prancis menurun secara signifikan. FREMM pertama dikirim pada 2012 dan tujuan pengiriman kontrak adalah 2022 untuk seluruh fregat.

Program FREMM adalah proyek kerjasama industri Pertahanan Italia-Prancis untuk generasi baru fregat, yang memiliki baseline yang sama, tetapi berbeda dalam konfigurasi antara pesanan kedua negara, karena fungsi dari persyaratan operasional yang berbeda. Fregat untuk Angkatan Laut Italia dibangun di galangan kapal terintegrasi Fincantieri di Riva Trigoso-Muggiano. Kapal ini dibangun dalam versi Anti-Submarine Warfare (ASM/ASW), Anti-Air Warfare (FREDA) dan General Purpose (GP).

Baca Juga:  Deal! Filipina Beli Rudal Brahmos Tahun Depan 2020

FREMM Italia memiliki displacement penuh sekitar 6.500 ton, panjang keseluruhan sekitar 144 m, lebar 19,7 m, dan draft 8,7 m. Kapal ini ditenagai oleh sistem propulsi Combined Diesel-electric and Gas (CODLAG) melipiuti satu turbin gas 32 MW General Electric/Avio LM2500+G4, dua motor listrik 2,5 MW Jeumont Electric dan empat generator diesel. Kapal dapat mencapai kecepatan tertinggi melebihi 30 knot (56 km/jam). Durasi berlayar kapal hingga 45 hari terus menerus, sedangkan jangkauan kapal adalah 6.800 mil laut dengan kecepatan 15 knot (28 km/jam).

Maroko telah memiliki satu unit kapal fregat FREMM, yakni Mohammed VI (701). Kapal Mohammed VI dipesan pada tahun 2008 dan diserahkan dan diresmikan pada tahun 2014. Kapal FREMM AL Maroko tersebut mempunyai konfigurasi mirip dengan versi anti-submarine AL Prancis.

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan