Mengenal Kapal Penyelamat Yet Kieu Untuk Kapal Selam Milik Vietnam

Vietnam negara komunis di ASEAN ini punya kapal penyelamat kapal selam, yang diberi nama Yet Kieu. Negera Paman Ho ini punya pemikiran maju, kalau punya armada kapal selam ya harus dibarengi dengan punya kapal penyelamatnya.

Yet Kieu (HQ-927) merupakan kapal pencarian dan penyelamat kapal selam multi guna (MSSARS/SSRV) yang di operasikan oleh Angkatan Laut Rakyat Vietnam (VPN), dan kapal ini dibangun untuk mendukung pengoperasian armada 6 unit kapal selam kelas Kilo milik VPN.

Konsep kapal Yết Kiêu pertama kali terungkap pada awal 2018 selama Pameran Vietship 2018 di Hanoi dan dikonfirmasi akan dibangun oleh Galangan Kapal Z189 milik negara. Yang dimana desain, teknologi hingga aksesoris kapal Yet Kieu (HQ-927) ini dipasok oleh Damen Group Belanda.

Pembangunan kapal dilakukan pada 24 Mei 2018, dimana dalam laporan media Vietnamnews saat itu pembangunan kapal diperkirakan akan memakan waktu sebanyak 24 bulan, tetapi kenyataannya kapal Yet Kieu berhasil dibangun hanya butuh 17 bulan saja.

Yet Kieu memiliki panjang 94 meter dengan bobot hingga 3.950 ton, kapal ini juga telah dilengkapi dengan kendaraan DSRV yang bisa menyelamatkan hingga 17 orang sekaligus dan beroperasi pada kedalaman hingga 600 meter. Pada 30 Juli 2021 di Galangan Kapal Z189, kapal tersebut resmi ditugaskan ke Angkatan Laut Rakyat Vietnam.

Baca Juga:  Ukraina Tawarkan Perawatan Murah Untuk Kapal Induk India

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan