Mengenal Rudal Arhanud FK-3 Milik AL Thailand

FK-3 merupakan varian khusus ekspor dari sistem rudal pertahanan udara dari HQ-22 yang dimiliki oleh People’s Liberation Army (PLA) China, yang dimana sistem ini dikembangkan dari keluarga sistem pertahanan udara KS-1.

HQ-22 sendiri digunakan PLA untuk menggantikan HQ-2 lama yang merupakan salinan dari S-75 Soviet.

Menurut data dari China Aerospace Science & Industry Corporation Limited (CASIC), sebuah perusahaan milik negara yang merancang dan memproduksi sistem roket dan rudal di China, FK-3 adalah sistem pertahanan udara, permukaan jarak menengah dan mampu beroprasi disegala cuaca.

Rudal tersebut mengadopsi panduan radar homing semi-aktif jika terjadi keadaan gangguan elektronik yang kuat, maka FK-3 secara otomatis berubah menjadi radio-command guidance. FK-3 mampu menangkis pesawat tempur, rudal taktis, rudal jelajah, uav hingga helikopter. Rudalnya sendiri memiliki jarak tembak hingga 100 km dan bisa berada diketinggian 27 km.

Satu sistem FK-3 terdiri dari satu kendaraan komandan, satu kendaraan radar, tiga TEL (Transporter Erector Launcher) yang per unitnya biasanya memiliki 4-6 missile tubes. Satu sistem FK-3 ini memiliki kemampuan dapat secara bersamaan mengontrol tembakan 12 tembakan rudal untuk menyerang 6 target secara bersamaan, FK-3 menjadi sistem pertahanan udara tercanggih milik Thailand.

Sumber:

Mighty War

http://defense-studies.blogspot.com/2020/09/royal-thai-navy-could-be-in-process-of.html?m=1

Baca Juga:  India Akan Akhiri Penggunaan Pesawat MiG-27 Yang Sudah Tua Bangka

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan