Menhan Australia Tak Terima Klaim Su-35 Bisa Kalahkan F-35

Menteri Pertahanan (menhan) Australia Christopher Pyne tak terima jet tempur F-35 yang baru dibeli dikritik kalah hebat dari jet tempur Su-35 buatan Rusia yang dipakai oleh China. Pyne mengatakan, dia memiliki keyakinan 100 persen keyakinan bahwa jet tempur kebanggan NATO itu merupakan pesawat paling mematikan di dunia saat ini.

Pernyataan menteri itu sebagai tanggapan atas kritik dari jurnalis veteran Robert Gottliebsen, dan mantan pilot pesawat Angkatan Udara Australia (RAAF) Peter Goon.

Australia menghabiskan duit sekitar 17 miliar dolar untuk membeli 72 unit pesawat tempur generasi ke-5 buatan Lockheed Martin Amerika Serikat (AS) tersebut.

Goon mengatakan, dia telah melakukan simulasi yang menunjukkan bahwa jet Su-35 buatan Rusia yang dibeli China bisa overfly dan melesat lebih cepat dari jet tempur F-35 milik Australia. Menurut Goon, jet tempur buatan Rusia bisa digunakan untuk meluncurkan serangan pengeboman di Darwin atau pangkalan Tindal di Northern Territory.

Sedangkan Gottliebsen pada pekan ini meluncurkan kritik pedas terhadap pertahanan Australia yang dia sebut melakukan penyembunyian besar-besaran tentang jet tempurnya. Menurutnya, jet tempur Australia telah usang milik China bisa terbang lebih cepat dan lebih tinggi.

Pyne membantah keras klaim tersebut.

Pyne mengatakan, kritik tersebut tidak memiliki akses ke semua informasi yang tersedia untuk pemerintah.

“Saya tentu saja tidak bermaksud untuk memberikan saran di bawah pendapat orang-orang yang tidak mengetahui rahasia tingkat pembagian intelijen yang sama dengan pemimpin yang memberi nasihat kepada pemerintah Australia,” ujarnya, seperti dikutip dari The Australian, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Amerika Jual Rudal Patriot Dan Pesawat Intai Ke Maroko

Goon, yang bertugas di RAAF selama 15 tahun, mengajukan diagram yang menunjukkan apa yang dia yakini akan terjadi jika jet tempur Sukhoi Su-35 yang baru-baru ini diakuisisi oleh China akan saling beradu diadu dengan pesawat tempur utama Australia di Laut Timor.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan